AMERIKA – Politikus dari Partai Demokrat, Abdullah Hammoud mencatat sejarah di Amerika Serikat (AS) menjadi wali kota Muslim pertama di Negeri Paman Sam, Selasa (2/11/2021) lalu.

Baca Juga: DPR RI Setujui Usulan Jenderal Andika Jadi Calon Panglima TNI

Ia berhasil mengalahkan wali kota petahana Gary Woronchack mantan wakil negara bagian dan mantan komisaris Wayne County yang menjadi pesaingnya.

Abdullah Hammoud menang dengan perolehan 54,6% suara berbanding 45,2%, menurut hasil dari kota Dearborn.

Hasil tersebut akan membawa Abdullah Hammoud menjadi orang Arab Muslim pertama yang memimpin hampir 110.000 warga Michigan pada awal tahun depan.

Hammoud sebelumnya menjelaskan, bahwa apabila Ia terpilih menjadi wali kota, dirinya akan membuka jalan bagi kaum minoritas lain untuk masuk ke dunia politik AS.

Dirinya juga mengungkapkan jika Ia tidak pernah berpikir menjadi Walikota, dan menuturkan bahwa ini merupakan kesuksesan bagi karirnya.

“Saya tidak berpikir menjadi yang pertama merupakan sebuah kesuksesan besar,” kata Hammoud.

Abdullah Hammoud menempuh pendidikan di Sekolah Umum Dearborn dan meraih gelar sarjana dalam bidang biologi, dan gelar magister di bidang kesehatan masyarakat dan administrasi bisnis di Universitas Michigan.

Ia juga menjadi dewan perwakilan daerah dari distrik 15. Dilansir dari Associated Press (AP News), menjelaskan jika orang tua Hammoud disebut bermigrasi dari Lebanon ke AS. Ayahnya bekerja sebagai pengemudi truk dan ibunya memiliki usaha kecil-kecilan.

Sedangkan jika dikutip dari situs resmi Universitas Michigan, Hammoud merupakan keturunan Arab-AS pertama yang mengemban tanggung jawab sebagai dewan perwakilan daerah.