ENREKANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang, akan menyembelih sebanyak 12 ekor sapi pada Iduladha 1442 Hijriyah tahun 2021 Masehi.

Baca Juga: Pesan Bupati Enrekang di HUT Kemerdekaan RI Ke-76

Kabag Kesra, H Agus Sallangan, mengatakan jika Pemkab Enrekang melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan jumlah ribuan setiap tahunnya.

“Ini sudah kita lakukan setiap tahun, khusus kurban pemerintah daerah, namun hewan kurban secara keseluruhan, Kabupaten Enrekang, itu jumlahnya ribuan ekor yang disembelih setiap tahun, ” ungkap H Agus, Minggu (18/7/2021).

Menurutnya, kurban khusus Pemda ini, dagingnya akan dibagikan ke masyarakat berbasis jemaah masjid, sesuai yang telah ditunjuk dari Panitia Hari Besar Islam (PHBI).

“Jadi daging kurban ini nanti, kita serahkan kepada panitia masjid yang telah ditunjuk, selanjutnya dibagikan kepada yang berhak,” katanya.

Dijelaskan, hewan kurban sebelum disembelih, terlebih dahulu diperiksa kelayakannya sebagai hewan kurban oleh PHBI dan Dinas Peternakan. Karena kata dia, hewan kurban itu, harus ada standar, yaitu sapi jantan, umur minimal 2 tahun, sempurna tidak cacat, diperkirakan dagingnya 100 kg taksiran kasar, dan ada syarat warna yaitu, warna coklat dan hitam dan mata harus jernih tidak kabur.

Sedangkan tempat pelaksanaan Salat Idul Adha, itu rencananya di Lapangan Batili. “Jadi besok, panitia turun memantau kelayakan lapangan Batili yang akan ditempati salat Iduladha, karena belakangan ini, sering turun hujan. Apabila kondisi lapangan Batili tidak memungkinkan untuk ditempati Salat Iduladha, maka masjid masjid difungsikan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PHBI Enrekang, H Syawal Sitonda mengatakan, salah satu pertimbangan pelaksanaan Salat Iduladha di Lapangan Batili, yaitu untuk mengurai kerumunan jemaah yang akan melaksanakan Salat Iduladha, dan diupayakan sesuai dengan Prokes Covid-19.