JAKARTA –  Dewan Masjid Indonesia (DMI) melalui seluruh takmir (pengurus) masjid untuk ikut bergotong royong membantu pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru dengan menyiapkan masjid untuk menampung pengungsi dari 11 Desa terdampak.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) H Muhammad Jusuf Kallapada saat siaran pers Minggu, (05/12/2021).

Baca Juga : Kunjungan Bersama 40 Kyai, Wakil Ketua DMI Bahas Dakwah di Mesir

Menurut data sementara yang dihimpun oleh Pusat Pengendali dan Operasi BNPB pada Sabtu (4/11), guguran awan panas Gunung Semeru berdampak ke enam desa di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang dan guguran abu vulkanik gunung api tersebut berdampak ke 11 desa/kelurahan di sembilan kecamatan.

11 Desa Terdampak, DMI Siapkan Masjid untuk Pengungsi Erupsi Semeru
11 Desa Terdampak, DMI Siapkan Masjid untuk Pengungsi Erupsi Semeru

“Kami mengimbau kepada seluruh pengurus masjid yang terdekat dari lokasi pengungsian untuk berkoordinasi dengan Lembaga lainnya di lapangan untuk berperan aktif dalam membantu meringankan beban masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru. Bila masjid diperlukan untuk menampung pengungsi, segera dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Jusuf Kalla.

Pengurus pusat DMI sejak kemarin Sabtu (04/12) telah melakukan koordinasi dengan pengurus DMI di wilayah Jawa Timur hingga ke Kabupaten Lumajang. Pengurus DMI Lumajang langsung bergerak ke lapangan untuk membantu pengungsian.

Wakil Ketua Umum PP DMI, Komjen Pol (P) DR (hc) Drs H Syafruddin, MSi menambahkan, masjid selalu terbuka untuk kegiatan kemanusiaan, termasuk dengan bencana. Sehingga seluruh pengurus masjid di wilayah Jawa Timur siap membantu, bahkan terjun langsung ke lapangan.

“Saat ini, DMI sedang menghimpun data masjid terdekat yang aman, dan dapat dijadikan sebagai tempat penampungan pengungsi. Bila memang dibutuhkan, pengurus sudah siap membantu,” ujar Syafruddin.