MAKASSAR – Brand Representative Hers Protex, Evelyn Elrica mengatakan, memilih pembalut sangat penting karena bisa memengaruhi suasana hati atau mood hingga aktivitas sehari-hari.

“Siapa memangnya yang mau bepergian dengan noda merah di celananya hanya karena salah pilih pembalut,” kata Evelyn dalam acara Virtual Launch Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort, Kamis (2/12).

Baca Juga : Sering Begadang, 4 Tips Tidur Malam Bangun Pagi

Nyaman berarti saat digunakan pembalut harus dalam posisi yang pas dan tidak membuat Anda merasa terganggu.

Menstruasi Bocor, 5 Tips Memilih Pembalut
Foto: Nasional Tempo

“Tidak mudah bergeser, tidak bikin bocor, jadi harus diperhatikan nyaman gak pake pembalut yang tipe a atau tipe b, choose is yours,” kata Evelyn.

Untuk faktor keamanan menurut Evelyn, pembalut harus memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan. Jika tak memiliki izin edar bisa dipastikan keamananya belum bisa dipertanggungjawabkan.

Agar menstruasi tidak bocor, Berikut 5 tips memilih pembalut:

1. Mengetahui jadwal periode

Sebelum menentukan akan menggunakan pembalut seperti apa, hal yang harus dipikirkan pertama kali adalah kapan menstruasi datang. Mengetahui siklus bulanan sangat penting, karena berkaitan dengan aliran, durasi hingga gejala yang kerap dirasakan.

2. Daya serap tinggi

Pembalut harus memiliki kemampuan menyerap yang baik. Anda bisa memilih bantalan yang panjang dan lebar, dan memiliki wewangian agar menghindari bau tidak sedap dari aliran menstruasi Anda.

Menstruasi Bocor, 5 Tips Memilih Pembalut

3. Tentukan panjang pembalut

Anda harus memahami apa yang dibutuhkan. Ini berpengaruh pada panjang pembalut yang akan dipilih. Sebaiknya gunakan pembalut yang panjang dan berukuran slim di awal menstruasi, gunakan pembalut biasa saat periode menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

4. Bahan

Anda harus mengetahui bahan yang pas untuk Anda. Jangan sampai bahan yang digunakan dalam pembalut justru membuat kulit iritasi.