Makassar, Rakyat News – Sekali lagi, Ichsan Yasin Limpo menunjukkan kematangan berpolitiknya. Pasangan Andi Mudzakkar ini bisa diterima, dan berkomunikasi dengan siapa saja tanpa ada sekat.

Gambaran ini terlihat jelas saat Ichsan Yasin Limpo beserta istri Hj Novita Madonza Amu menghadiri open house di kediaman pribadi Jusuf Kalla (JK) di Jalan Haji Bau, Makassar, Minggu (17/6/2018).

Selain keakraban dengan Wakil Presiden RI, IYL yang dikenal sebagai pelopor perda pendidikan gratis di Indonesia ini saat menjabat bupati Gowa, juga disambut hangat keluarga JK yang ikut hadir di open house.

Seperti istri JK, Hj Mufidah yang senyum keceriaannya mengembang ketika IYL menghampiri untuk menyalaminya. Termasuk ketika putra bungsu Ichsan mencium tangan Hj Mufidah.

Entah apa yang dibicarakan. Tapi dari ekspresi wajah yang tergambar di foto, baik IYL maupun dengan istri JK terlihat tertawa bahagia yang disaksikan tamu undangan lainnya.

Bukan cuma itu, adik ipar JK, Prof Dr Dwia Aries Tina yang tak lain adalah Rektor Unhas, tampak berbagi keakraban dengan Ichsan. Kebetulan Ichsan adalah salah satu lulusan terbaik program doktoral Fakultas Hukum Unhas.

Khusus dengan Prof Dwia Arief, Ichsan memang akrab sejak dulu. Tak heran di setiap momentum pertemuan, mereka berbincang penuh kehangatan, serta berdiskusi beragam tema.

Berdasarkan pantauan, saat IYL berada di kediaman pribadi JK, juga menunjukkan kedekatan dengan Kandidat Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi). Mereka saling menyapa, bersalaman.

Bahkan, saat sejumlah fotografer ingin mengabadikan momen ini, JK langsung berdiri di tengah sambil mengambil tangan Ichsan dan Appi. Tawa dan senyum turut menjadi pengirim.

Sehari sebelumnya, Ichsan juga menunjukkan keakraban dengan Walikota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto saat bertemu di rujab gubernur Sulsel. Begitu pun dengan beberapa kepala daerah lainnya.