BULUKUMBA – Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terminal Bulukumba akan menerapkan Elektronik Portal (E-Portal) guna mencegah terjadinya kebocoran, Jumat (31/12/2021).

Baca juga: Ini Profil Mutzaini Kalapas Bulukumba yang Baru

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Terminal Bulukumba Hasyim G menyampaikan penerapan E-Portal akan di mulai Pada 3 Januari 2022 dengan dilengkapi video CCTV.

“Setiap kendaraan yang masuk akan terekam video yang terpasang pada E-Portal,” paparnya.

Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba, dibantu oleh Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) selama sebulan akan menerapkan uji coba untuk melihat potensi E-Portal.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba, Idham Khalid Patunru mengatakan selama ini PAD khususnya pada sektor pendapatan masuk terminal sangat sulit mencapai target.

Di tahun 2021 contohnya, target Rp 921 juta hanya bisa teralisasi 44 persen, atau diangka Rp 409 juta.

“Realisasi 44 persen itu per November, hari ini kita masih tunggu berapa realisasi seluruhnya,” kata Idham.

Untuk pengadaan dua E-Portal, Idham mengatakan dianggarakan sebesar Rp187.750.000.

” Kita berharap dengan adanya portal ini, pencapain PAD akan meningkat dan masyarakat dapat lebih sadar dan patuh dalam membayar masuk di terminal,” kata Idham.

Untuk diketahui penggunaan portal di tempat publik sudah mulai diberlakukan di beberapa tempat, misalnya di pintu masuk RSUD Andi Sulthan Daeng Radja dan pintu masuk Kawasan Wisata Tanjung Bira.