BANTAENG – Sebanyak 120 mahasiswa dari 28 kampus yang ada di Indonesia datang ke Bantaeng, Senin (10/1/2022). Mereka tergabung dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di bawah koordinator Universitas Negeri Makassar (UNM).

Baca Juga : Ilham Azikin Tegaskan SE Vaksinasi Bukan Tekanan

Bantaeng menjadi pilihan program ini karena sosok Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dianggap menginspirasi.

Bupati mantan ketua KNPI Sulsel ini dianggap sebagai tokoh pemuda nasional yang telah memberikan kontribusi besar kepada pemuda-pemuda Indonesia.

“Kami telah melakukan tracking. Di Sulsel ini, Bupati Bantaeng adalah sosok tokoh pemuda nasional yang menginspirasi dan memberikan kontribusi yang nyata untuk pemuda-pemuda di Indonesia,” kata Dosen koordinator program pertukaran mahasiwa, Dr. Ir. Yasdin.

Dia menambahkan, para mahasiswa ini berasal dari 28 kampus yang ada di Indonesia, mulai dari pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

“Ada empat kegiatan utama kita di Bantaeng ini. Salah satunya adalah mendapatkan inspirasi dari tokoh pemuda nasional, pak Ilham Azikin,” kata dia.

Selain itu, para mahasiswa ini juga akan memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat Bantaeng. Dia mengatakan, kontribusi itu berkaitan dengan nilai-nilai yang bersifat akademis.

“Kita juga ingin mengakulturasi budaya untuk memperkuat Kebhinekaan kita,” tambahnya.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin dalam kesempatan itu banyak memperkenalkan profil Kabupaten Bantaeng. Dia menyebut, Bantaeng adalah miniatur Indonesia.

“Terkait dengan keberagaman, kami sangat beragam dalam bingkai kebersamaan,” kata dia.

Dia mengatakan, keberagaman dalam bingkai kebersamaan ini yang kemudian menjadi modal dasar untuk membangun tata pemerintahan di Bantaeng hingga tetap eksis sampai sekarang.

“Ini modal dasar kita, berkat kebersamaan dan keperdulian ini, makanya kita bisa menghadapi Covid-19. Selama dua tahu terakhir, tingkat perekonomian kita sama sekali tidak pernah terkontraksi negatif,” tuturnya.