MAKASSAR – Rapat Paripurna DPRD Sulsel diantaranya membahas persetujuan bersama antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan dan Gubernur Sulsel terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) penyelenggaraan bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

Bertemu Dubes Indonesia untuk Turki, Muzayyin Bahas Peluang Kerjasama Antar Negara

Wakil Ketua Pansus, Marjono mengatakan, banyak masyarakat yang masih kesulitan memperoleh bantuan hukum ketika berhadapan dengan proses hukum.

“Banyak masyarakat yang masih kesulitan memperoleh bantuan hukum ketika berhadapan dengan proses hukum di pengadilan oleh karena itu dengan adanya peraturan daerah ini akan menjadi payung hukum bagi pemerintah daerah untk menyiapkan anggaran yang selanjutnya digunakan untk membantu, khususnya masyarakat miskin dan kelompok rentan yang membutuhkan bantuan hukum,” ungkapnya saat diwawancara oleh rakyat.news, Senin (10/1/2021).

Tambahnya, kami harap agar secepatnya bisa dilembar negarakan, dibuat pergubnya dan bisa direalisasikan.

“Ranperda ini sangat penting demi terwujudnya akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu serta kelompok rentan di Sulsel dan kami berharap agar secepatnya dapat dibuat pergubnya dan bisa direalisaaikan di APBD tahun berikut,” tambahnya.

Dalam rapat paripurna, Haidar Madjid dari Fraksi Demokrat mengatakan, ini kado tahun baru untuk masyarakat Sulawesi Selatan.

“Ranperda penyelenggaraan bantuan hukum ini merupakan kado tahun baru dari DPRD Provinsi Sulsel kepada masyarakat Sulawesi Selatan khususnya,” ujarnya dalam sidang paripurna.

Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan berharap bahwa dengan adanya ranperda penyelenggaraan bantuan hukum ini diharapkan dapat memberi jaminan bantuan hukum kepada masyarakat.

“Ranperda Peneyelenggaraan Bantuan Hukum ini dapat menjamin bantuan hukum bisa merata kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa rapat paripurna DPRD Sulsel dengan Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan bersama para pejabatnya dilaksanakan secara luring dan daring.

Baca Juga : Ketua DPRD Kota Makassar Hadirkan 2 Pemateri di Agenda Sosper

Pilihan Video