Luwu Utara, Rakyat News – Pemerintah Desa (Pemdes) Dandang Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, hari Jumat, 17/8/2018 akan berangkat ke Makassar Expose dengan 6 Kabupaten se SulawrSu Selatan.

” Hal ini diutarakan Kepala Desa pada media ini, dihadapan Kepala Pemerintahan Kecamatan Sabbang, Nuralim. Kita sudah resmi launching aplikasi Desa Dandang berbasis android, dan silahkan buka pak Camat,” ucap Kepala Desa Dandang, Djahidin Patadari, Rabu, (15/8/2018).

Kita sementara siap-Siap benahi sarana prasarana yang akan ditampilkan dalam expose nantinya. Kepala Desa Dandang Djahidin Patadari, mengatakan yang ditampulkan nantinya dalam expose itu, pemetaan desa melalui aplikasi berbasis android dan webbsite Desa Dandang, dan bisa dibuka sekarang, dengan google play,” tuturnya.

“Dimana dalam aplikasi itu Desa Dandang berbasis android, melakukan pemetaan data dan potensi desa berbasis online yang memuat data penduduk, kesehatan, Pendidikan, Bantuan Sosial, Pertanian, Perkebunan, keamanan, jumlah rumah serta lainnya, bisa di klik,” tutur Cusdin.

Ditemui operator Desa, Cusdin Kasmar Laga, SE mengatakan, aplikasi berbasis android dilengkapi fasilitas chat real time yang terhubung langsung dengan Kepala Desa Dandang. Aplikasi ini juga menjadi jawaban atas minimnya jumlah pendamping desa.
Perangkat desa, pendamping desa dan tenaga ahli dapat saling berkonsultasi dan mendapatkan notifikasi atau informasi tentang desa hanya menggunakan ponsel.

“Aplikasi ini juga akan menyediakan data real time bagi pemerintah. Ini penting, agar kebijakan yang diberikan pemerintah terhadap desa akan kebih akurat, cepat dan tepat,” ucapnya.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, dan dengan langkah awal untuk mewujudkan Nawacita membangun Indonesia dari daerah pinggiean. Dan akan terus mengalami perubahan menyesuaikan perkembangan dan masukan dari desa. (yustus)