Azhar Arsyad: Internet Gratis DILAN Bikin Warga Kian Mudah Akses Informasi 

  • Whatsapp

RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Program Wireless Fidelity (WiFi) gratis di setiap RT lingkup Kota Makassar mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Program koneksi internet gratis yang dicanangkan pasangan calon nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (DILAN) itu diyakini akan sangat membantu masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19.

ketua PKB Sulsel, Azhar Arsyad, mengatakan banyak rekan maupun warga kenalannya yang memberikan apresiasi atas program DILAN tersebut. Mereka berharap program internet gratis di setiap RT tersebut benar-benar dapat direalisasikan. Musababnya, jaringan internet kini menjadi salah satu kebutuhan mendasar masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut Azhar, keberadaan WiFi gratis di setiap RT dapat menghemat pengeluaran warga di masa pandemi Covid-19 yang serba sulit. Diketahui sejak korona mewabah, sekolah dan kuliah dilakukan dari rumah secara online. Kondisi itu membuat orang tua siswa atau mahasiswa menjadi lebih boros karena harus membeli paket kuota internet.

“Program DILAN hadir menjawab kondisi kekinian terkait kebutuhan warga. Lewat program internet gratis di tiap RT misalnya, warga bisa berhemat di masa pandemi karena tidak perlu lagi membeli paket kuota internet. Ya benar-benar menjawab keluhan warga, khususnya orang tua siswa,” kata Legislator Sulsel itu, di sela-sela Evaluasi dan Monitoring Kinerja DPW PKB Sulsel, di Hotel Grand Asia, Sabtu (17/10/2020).

Selain itu, Azhar mengimbuhkan keberadaan WiFi gratis di setiap RT juga merupakan strategi meningkatkan pelayanan dan SDM Kota Makassar. Warga akan lebih mudah mengakses setiap informasi yang dibutuhkan. Tentunya ihwal akses internet tersebut akan diawasi dan diatur agar hanya digunakan untuk hal-hal positif.

Selain itu, WiFi gratis juga dapat digunakan warga bila ada hal-hal yang ingin diadukan ke instansi terkait. Toh, kini banyak instansi yang sudah membuat kanal khusus pengaduan atau bisa juga disalurkan di medsos resmi instansi tersebut, dimana semuanya dapat diakses memakai jaringan internet.

Deng Ical-sapaan akrab Syamsu Rizal, sebelumnya menyampaikan pemasangan WiFi gratis di setiap RT adalah implementasi dari visi DILAN mewujudkan Makassar Kota Sombere’. Terdapat tiga pilar dalam Kota Sombere’ yakni Makassar Maju, Makassar Lestari dan Makassar Melayani. Nah, WiFi gratis tersebut implementasi dari Makassar Maju.

Secara garis baris, kader tulen Muhammadiyah itu menjelaskan visi Makassar Maju berarti mewujudkan pembangunan inklusif yang manfaatnya dirasakan oleh semua orang. Pemasangan WiFi gratis sendiri tertuang dalam program Makassar Cerdas dan Ceria (Macca). Diharapkan pihaknya keberadaan internet gratis di setiap RT akan berpengaruh pada peningkatan SDM.

“Teknisnya nanti di setiap kawasan RT akan dipasangi WiFi gratis di tempat yang disepakati bersama. Tujuan adanya WiFi gratis adalah untuk memudahkan akses informasi dan edukasi warga Kota Makassar yang muaranya demi peningkatan kualitas SDM kita,” ucap mantan Plt Wali Kota Makassar itu.

Program WiFi gratis itu, Deng Ical melanjutkan juga wujud komitmen dan dukungan DILAN terhadap dunia pendidikan. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang belum jelas kapan berakhir, dimana siswa dan mahasiswa kebanyakan belajar daring. Bila mengandalkan kuota internet pribadi tentunya akan sangat boros dan membebani keluarga peserta didik. (*)

Pos terkait