DPRD Makassar

Bupati Andi Utta Launching Festival Bumi Panrita Lopi

Bupati Andi Utta Launching Festival Bumi Panrita Lopi
Bupati Andi Utta launching Festival Bumi Panrita Lopi.

BULUKUMBA – Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf menghadiri malam ramah tamah dan Launching Festival Bumi Panrita Lopi di Cafe Kopi dari Hati, Senin malam 17 Januari 2022.

Bupati menginginkan kegiatan yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda Bulukumba pada 4 sampai 13 Februari 2022 mendatang, tak sekedar seremonial belaka.

Baca Juga: Andi Utta Didaulat Selaku Inspektur Upacara Pada Peringatan HAB Ke-76

“Event ini pertama kali di pemerintahan kami. Jangan hanya sebuah seremonial. Tapi kita harus paham apa makna yang sebenarnya kita inginkan di even ini,” ujar bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Andi Utta bilang, apa target di balik even yang setiap tahun dilakukan. Sebab menurutnya momentum ini, diharapkan agar ke depan Bulukumba harus bisa lebih maju dan lebih dikenal lagi.

“Ketika kita cinta Bulukumba, maka kita senantiasa berpikir berinovasi. Jangan berdiam diri,” ungkapnya.

Ia juga menyinggung potensi ekonomi yang harus digerakkan dari sekarang, khususnya pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Mari sama-sama pikirkan, apa yang harus dilakukan dari sekarang. Ibu-ibu harus ikut lomba, mungkin saja lombanya tanaman hias, termasuk prospek UMKM, seperti souvenir dan lainnya,” terangnya.

Ketua Panitia, Nur Alamsyah mengaku sudah puluhan tahun menyelenggarakan even tahunan Festival Panrita Lopi. Hanya saja, baru kali ini komunitas ditunjuk sebagai pelaksana.

“Ini event tahunan, sejak 27 tahun silam. Tapi baru kali ini kami diberikan tanggung jawab full. Dulu kita hanya EO (even organizer) saja. Biasanya Pemkab membentuk panitia,” ujarnya.

Nur Alamsyah berharap agar peserta yang ikut nantinya, terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kantor Kecamatan, BUMN, pihak swasta dan juga developer.

“Itu untuk kebangkitan ekonomi agar lebih bergairah, khususnya UMKM. Nanti ada fasilitas kita siapkan untuk pelaku usaha UMKM,” katanya.