JAKARTA – Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Hans Kluge mengklaim pandemi Covid di Eropa dapat berakhir dengan berbagai hal akan terjadi ke depannya seperti kekebalan dan sebagainya.

Berikut 4 pertimbangan Hans Kluge mengklaim pandemi Covid dapat berakhir di Eropa.

1. Wilayah tersebut sedang menuju akhir pandemi

Menurutnya, sebanyak 60 persen warga Eropa dapat terinfeksi Covid varian Omicron pada Maret yang akan datang. Inilah yang menandakan Eropa sedang menuju akhir pandemi. Setelah gelombang Omicron tersebut mereda, tentunya akan tercipta kekebalan secara global karena vaksin ataupun dari infeksi itu sendiri selama beberapa bulan.

Baca Juga : 177 Foto Pandemi Dalam Bingkai Lensa PFI Makassar

“Kami mengantisipasi aka nada masa tenang sebelum Covid-19 kembali menjelang akhir tahun, tetapi belum tentu pandemi kembali,” tutur Kluge.

2. Adanya penurunan Covid-19 di Amerika Serikat secara signifikan

Kepala Penasihat Kesehatan Gedung Putih, Anthony Fauci sepakat dengan pernyataan Hans Kluge sebab menurutnya telah terjadi penurunan kasus Covid-19 di Amerika Serikat secara  signifikan.

“Segalanya terlihat baik,” kata Fauci.

Meski demikian ia juga mengatakan untuk tetap berhati-hati walau sudah terlihat adanya penurunan kasus tersebut.

“Saya yakin Anda akan mulai melihat perubahan haluan di seluruh Negara bagian,” lanjutnya.

3. Sama seperti Amerika Serikat, kasus Covid-19 juga menurun di Afrika

Pekan lalu kasus Covid-19 menurun secara drastis di Wilayah Afrika. Hal tersebut diungkapkan oleh Kantor regional WHO untuk Afrika. Angka kematian juga menurun untuk pertama kalinya setelah puncak Omicron menyerang Negara itu.

4. Omicron memberi harapan pandemi menjadi endemik

Kluge mengatakan Omicron memberi harapan Covid-19 akan menjadi endemik, meski menurutnya masih terlalu cepat menyebut Covid-19 akan menjadi endemik. Ia juga memperingatkan ada kemungkinan mutasi SARS-CoV-2 lagi sehingga muncul varian lain.