Luwu Utara, Rakyat News – Usai pelatihan Satlinmas yang dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Luwu Utara, para anggota Linmas dibekali senibeladiri dalam segala hal seperti jelang pengamanan Pemilu April 2019 sebanyak 580 anggota satlinmas dilatih bela diri.

Mereka dilatih seni beladiri Kepolisian dan Militer oleh instruktur dari anggota TNI Serma Zainuri dan dari Kepolisian Ipda Sabaruddin, serta pelatihan cara pengendalian kerusuhan.

Kedua pelatihan ini dilaksanakan guna memberikan bekal keterampilan bagi anggota satlinmas dalam melaksanakan tugas-tugasnya termasuk, pengamanan jalannya Pemilu pada April 2019 mendatang.

Acara ini dilaksanakan oleh Dinas Satpol PP Damkar Luwu Utara di bawah kendali Drs.Hj. Aspar Syafar di aula Baruka Simpurusiang Masamba Luwu Utara, Sulsel.

Agenda ini dihadiri pula oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Damkar Kabupaten Luwu Utara, Aspar Syafar, Kabid Satlinmas, sertab unsur dari TNI, dan POLRI.

Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Luwu Utara melalui Kasi Data Informasi dan Kewaspadaan Dini, Syamsuddin AT.S.Sos meminta agar anggota linmas yang merupakan masyarakat pilihan dan terlatih dapat menunjukkan jatidirinya.

“Tunjukkan bahwa linmas itu ada dengan cara selalu berperan aktif dalam segala hal. Terutama dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta dalam hal tanggap darurat bencana maupun musibah yang terjadi disekitarnya,” ujarnya melalui media ini dalam press releasenya, Kamis, 13/12/2018.

Menurutnya, Linmas juga diharapkan dapat bekerjasama dengan pihak terkait dalam melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga keberadaan linmas akan secara nyata dapat dilihat dan manfaatnya dapat dirasakan, karena pada dasarnya sekecil apapun keberadaan linmas memang diperlukan oleh pemerintah. (yustus)