JAKARTAWhatsApp merupakan aplikasi yang mulai marak digunakan oleh berbagai pihak karena banyaknya keuntungan yang dapat memudahkan penggunanya, namun dalam suatu situasi aplikasi ini juga memiliki sistem yang dapat terjadi problem atau suatu masalah.

Baca juga: Tingkatkan SDM Guru, 85 Tenaga Pendidik di Bantaeng Tingkatkan Metode Pembelajaran

CEO dan pendiri aplikasi WhatsApp selain Brian Acton, Jan Koum, mengatakan bahwa Whatssapp merupakan aplikasi pesan yang begerak dan diakusisi oleh Facebook Inc yang sekarang dikenal dengan Meta.

“WhatsApp merupakan aplikasi pesan bergerak yang diakuisisi oleh Facebook Inc. pada Februari 2014 dengan nilai $19 miliar,” ujar CEO WhatsApp

Salah satu masalah yang biasa kita dapati dalam menggunakan aplikasi sosial media ini ialah problem terkait video WhatsApp yang tidak dapat terputar untuk ditonton oleh penggunanya.

Baca juga: 4 Fitur Baru WhatsApp yang Perlu Diketahui Bagi Pengguna

Namun begitu masalah ini cukuplah mudah dalam mengatasinya karena masalah ini sudah umum terjadi. Berikut ini 5 Metode Yang dapat Mengatasi Problem Video WhatsApp:

  1. Cek koneksi internet

Koneksi internet yang anda mungkin saja mengalami masalah ataupun mengalami kelambatan dalam mencari internet, anda bisa memeriksa pada bagian internet agar anda dapat melihat apa yang terjadi disana.

  1. Periksa memori

Memeriksa memori dapat membantu anda dalam melihat apakah ada masalah yang terjadi pada memori anda, baik itu memori internal maupun eksternal yang anda miliki. Namun ketika memori anda telah penuh anda perlu menghapus/mengosongkan sebagian penyimpanan memori anda agar dapat kembali memutar video WhatsApp anda

  1. Hapus cache WhatsApp

Menghapus cache bertujuan agar dapat menghilangkan bug dan crash yang ada di WhatsApp anda sehingga kinerja aplikasi anda akan menjadi lebih ringan. Aplikasi anda yang tadinya error akhirnya dapat berfungsi normal kembali.

Sebelum anda mencoba hapus cache WhatsApp ini pastikan anda telah melakukan back up data atau pencadangan sebagai upaya antisipasi semua data anda yang hilang karena sistem aplikasi anda akan di-reset ulang.

  1. Update aplikasi WhatsApp

Sebagaimana aplikasi pada umumnya, aplikasi WhatsApp pun melakukan update secara berkala untuk memperbaiki bug dan menambah fitur yang ada di aplikasinya. Agar tidak dapat mengalami kendala saat anda menggunakan aplikasi WhatsApp, setiap pengguna disarankan untuk melakukan update atau melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp anda.

Baca Juga: Empat Rekomendasi Aplikasi Chating Alternatif Whatsapp
  1. Instal ulang WhatsApp

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp juga menjadi solusi anda untuk mengatasi berbagai masalah error termasuk memperbaiki video yang tidak bisa terputar. Sama seperti sebelumnya, ketika ada data penting di aplikasi WhatsApp anda disarankan mencadangkan data sebelum melakukan reinstall. Anda hanya tinggal menghapus atau uninstall aplikasi WhatsApp yang anda miliki. Selanjutnya, buka Playstore/Appstore yang anda miliki dan unduh kembali aplikasi WhatsApp.

Itulah metode yang dapat anda lakukan jika anda mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp anda.