MAKASSAR – Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, salah satu Kerajinan Atap Konjo dari karya UMKM Bulukumba mendapat kesempatan menampilkan produknya di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (31/01/2022).

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Berkunjung ke Sulsel, Akan Bahas MPP dan Pemberdayaan UMKM

Bersama UMKM lainnya dari beberapa Kabupaten Kota, Kerajinan Atap Konjo menampilkan produk perlengkapan rumah tangga, tas yang terbuat dari daun lontar pada pameran UMKM yang dirangkaikan dengan sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan dihadiri oleh kepala daerah se Sulawesi Selatan.

Beberapa produk UMKM kebanggaan Sulsel ditinjau langsung oleh Wapres yang didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur.

Dalam pameran UMKM itu ditampilkan beragam produk. Mulai dari aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abd Malik Faisal menyampaikan Plt Gubernur selalu berupaya dalam peningkatan dan pengembangan UMKM diantaranya peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk bagi UMKM, fasilitasi sertifikasi produk, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, pada tahun 2019 tercatat lebih dari 940 ribu unit usaha, kemudian menjadi sekitar 1,2 juta pada 2020, dan meningkat lagi jumlahnya menjadi 1,5 juta unit usaha pada 2021.

“Saya melihat potret UMKM di Provinsi Sulsel ini sangat menggembirakan,” pungkasnya.

Puji Wapres saat memimpin Rapat Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

“Saya melihat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan cukup baik karena itu saya minta terus ditingkatkan pelayanannya dan pemberdayaannya (kepada UMKM). Di antaranya (yang dilakukan) memberikan fasilitasi peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk UMKM, sertifikasi produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pendaftaran produk UMKM, serta melaksanakan pelatihan vokasi untuk pengembangan SDM UMKM,” sebutnya.