SURIAH – Serangan pasukan khusus militer Amerika Serikat (AS) menyebabkan pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi tewas bunuh diri, Kamis (3/2/2022) malam.

Baca Juga: Ceramahnya Sempat Viral, Oki Setiana Dewi Minta Maaf dan Tegaskan Tolak KDRT

Presiden AS, Joe Biden, mengkonfirmasi kejadian tersebut dan mengatakan jika Ibrahim Quraishi tewas meledakkan diri bersama keluarganya akibat pengepungan yang dilakukan militer AS pada tempat persembunyiannya pekan ini di Suriah.

Biden menuturkan jika Ibrahim Quraishi meledakkan dirinya seperti pemimpin ISIS sebelumnya setelah dikepung dari segala penjuru sisi di sebuah gedung tiga lantai oleh Militer AS.

“Tindakan terakhir dari kepengecutan yang putus asa. Meledakkan diri sendiri seperti pendahulunya, pendiri ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi,” ujar Biden dilansir dari Reuters, Jumat (4/2).

Salah seorang pejabat AS, mengatakan jika hampir semua orang yang berada di dalam gedung termasuk keluarga Ibrahim Quraishi tewas akibat ledakan besar tersebut.

“Semua menjadi korban di lokasi itu karena aksi teroris ISIS di dalam kediaman,” ungkapnya.

Perlu diketahui, bahwa selain Ibrahim Quraishi, ada pula tokoh ISIS lain yang tewas dalam operasi tersebut, yakni letnan Quraisy, yang juga tinggal di gedung itu. Dia berupaya membarikade dirinya dan anggota keluarganya di gedung yang sama.

“Dia dan istrinya mencoba menembak pasukan penyerang AS dan juga terbunuh,” ujar para pejabat AS.

Terkait dengan operasi penyerangan ini sendiri telah direncanakan sejak Desember 2021 lalu oleh para pejabat AS. Mereka yang menerima info jika Ibrahim Quraishi berada tinggal dalam sebuah gedung di Suriah langusng menggelar persiapan dan membuat rencana serangan.

Alhasil, setelah segala persiapan rampung, Joe Biden memberikan pernyataan persetujuan untuk menjalankan misi operasi tersebut sejak Selasa (1/3) lalu setelah menggelar meeting di Kantor Oval bersama Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan Jenderal Mark Milley selaku Ketua Kepala Staf Gabungan AS.