BULUKUMBA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan keluar sebagai pemenang kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang di umunkan sekaligus penyerahan piala dan penghargaan kepada para pemenang Lomba Kebersihan dan Keindahan Kantor dan Sekolah Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba pada Apel Gabungan OPD.

Andi Utta Serahkan Piala Lomba Kebersihan, Disdikbud Keluar Sebagai pemenang Kategori OPD
Andi Utta Serahkan Piala Lomba Kebersihan,
Disdikbud Keluar Sebagai pemenang Kategori OPD

Senin (07/02/2022).

Baca juga: Selain Padi, SYL Dorong Komoditas Kelapa dan Kopi Bulukumba

Lomba kebersihan dan keindahan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 62 tahun 2022. Lomba ini dibagi dalam beberapa kategori, yaitu Kategori OPD, Kategori Kantor Kecamatan dan Kategori Kantor Kelurahan.

Begitu pula di tingkat sekolah, lomba kebersihannya dibagi pada kategori, TK PAUD, SD, dan SMP. Penilaian untuk kantor OPD dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sedangkan penilaian lingkup sekolah dinilai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, mengatakan lomba kebersihan dan keindahan ini bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk kita rasakan dan nikmati jika suasana kantor atau sekolah itu lebih bersih dan tertata rapi.

Lomba kebersihan dalam rangka menyambut Hari Jadi Bulukumba, lanjut Andi Utta sapaan akrab Bupati hanya untuk memberikan motivasi kepada ASN, guru dan siswa agar senantiasa menjaga kebersihan. Andi Utta berharap kondisi kebersihan tersebut harus selalu dijaga meski bukan dalam rangka mengikuti lomba.

“Jangan hanya bersih saat mau dinilai, tapi bagaimana kebersihan itu sudah menjadi kebiasaan kita secara kolektif,” imbuhnya.

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba sudah dilaksanakan pada hari Jumat 4 Februari 2022 yang lalu di gedung DPRD Bulukumba, namun pengumuman dan penyerahan penghargaan lomba kebersihan kantor dan sekolah ini, baru dapat dilaksanakan pada Apel Gabungan OPD hari Senin pagi.