Luwu Utara, Rakyat News – 50 pembudidaya ikan yang tergabung dalam Kelompok Tani mengikuti Bimbingan Teknis Budidaya Udang Vannamae yang digelar di Gedung Konservasi Desa Poreang, Senin (25/2).

Menurut laporan Kadis Perikanan Luwu Utara Muharwan, bimtek tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM pembudidaya ikan yang tangguh dan mandiri.

“Juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman teknis budidaya udang vannamae terutama pengetahuan dan keterampilan dalam rangka peningkatan produksi yang tentu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” papar Muharwan.

Bimtek yang menghadirkan Tim Ahli Gubernur Provinsi Sulsel sebagai narasumber tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Orang nomor satu di Luwu Utara ini yakin bahwa budidaya udang vannamae sangat menjanjikan.

“Luwu Utara memiliki potensi yang luar biasa dengan panjang garis pantai sekitar 55-56 KM. Dari data menunjukkan bahwa sektor perikanan kita baik budidaya maupun tambak menyumbang PDRB kita sebesar 14%,” sebut Indah.

Dengan angka tersebut, menurut Indah kontribusi nelayan Luwu Utara sangat besar padahal belum semua mendapat pendampingan yang baik.

“Pemerintah memfasilitasi dan melakukan pemberdayaan, juga didukung oleh etos kerja masyarakat kita yang luar biasa. Nelayan kita ini adalah pejuang yang berkontribusi pada daerah dan dengan bimtek hari ini kita berharap ilmunya betul-betul dipraktekkan di lapangan yang berujung pada kesejahteraan. Kalau nelayan kita sejahtera maka daerah ini juga sejahtera,” terang Bupati Indah.

Turut hadir pada giat tersebut Kalak BPBD Alauddin Sukri, Sekdis Perikanan Bahmid, Camat Tanalili Isaraja, Camat Sukamaju Muhammad Fajar, Camat Sultan Anjas Rusli, Camat Bone-bone Sahruddin, dan para penyuluh.