MAKASSAR – Perhelatan besar dunia baplap motor, MotoGP juga memberikan dampak terhadap UMKM yang berada di sekitar Sirkuit Mandalika.

Baca Juga : Program Smart UMKM, Dukung Percepatan Imunitas Ekonomi Kota Makassar

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahmad Masyhuri menerangkan bahwa dalam pagelaran MotoGP ini pihaknya akan memfasilitasi pelaku UMKM untuk menawarkan produk jualannya.

“Kita mempersiapkan pelaku UMKM bisa berpartisipasi. Kami fasilitasi. Saat ini kami terus menggalang dan mengajak banyak pihak berkolaborasi bersama,” terangnya, Minggu (13/2/2022).

Adapun lokasi dari UMKM akan disebar dalam 13 titik yang tersebar di beberapa Kabupaten, di luar dari Sirkuit Mandalika dan telah melalui beberapa proses evaluasi serta analisa pasar. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, juga ditemukan produk yang mejadi kesukaan konsumen.

“Ternyata kuliner menjadi favorit. Ini sudah kita petakan, ” jelasnya, dilansir finance.detik.com.

Terkait promosi produk yang akan dilakukan oleh pelaku UMKM, Ahmad Masyhuri akan memberikan edukasi.

“Kita juga akan memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM bagaimana cara melakukan promosi yang baik, menjual harga yang layak dan menjual barang yang aman sesuai standarnya,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya perhelatan MotoGp dapat membuat sektor UMKM bangkit di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini.

“Harapan kita UMKM kita menjadi bangkit. Sebab, selain UMKM masih banyak faktor lain yang akan diuntungkan dengan adanya MotoGP ini,” pungkasnya.

Baca Juga : Marquez dan Espargaro Tunggangi All New Honda Vario 160 di Mandalika