MAKASSAR – Sebanyak 300 Personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, saat ini menjalani pemeriksaan berkala yang dipimpin langsung oleh Danyon A Pelopor, Kompol Sapari, di Aula Lumentut Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga : Brimob Batalyon A Pelopor rutin gelar Patroli

Pemeriksaan kesehatan berkala ini meliputi pemeriksaan Anamnesa atau Pemeriksaan Fisik, Gigi dan Mulut, Laboratorium, EKG Jantung, dan Foto thorax.

Saat ditemui usai menjalani tes kesehatan, Danyon Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Sapari mengatakan, tujuan pemeriksaan tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan dini gangguan kesehatan bagi anggota.

“Pemeriksaan kesehatan berkala ini bertujuan untuk mencegah berbagai penyakit sejak dini dan apabila dalam hasil pemeriksaan ada penyakit maka dapat secara cepat diantisipasi dan diobati,” katanya.

Lanjut dikatakan, kegiatan Rikkes ini akan berlangsung selama dua sehari. Hasil pemeriksaan dikirimkan secara langsung setelah hasil Lab dari tim Biddokes Polda Sulsel keluar.

“Pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk kebaikan kita semua, periksakan kesehatan diri kita sebelum sakit. Sehat itu mahal harganya. Apabila sakit, yang selanjutnya kita bisa mencegah dan mengobati mulai sejak dini dari penyakit yang ada di dalam tubuh kita, agar kita selalu bisa menjaga kesehatan kita guna menunjang tugas-tugas sebagai anggota Polri khususnya Anggota Satbrimob Polda Sulsel,” pungkas Sapari.

Secara terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol. Heru Novianto mengatakan, Rikkes berkala ini sebagai upaya untuk memastikan kondisi tubuh personel Brimob Polda Sulsel tetap sehat dan prima.

“Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara rutin setiap 6 bulan sekali secara berkala. Program Rikkes ini merupakan bentuk perawatan kesehatan terhadap personel Polri dan Rikkes berkala ini juga menjadi salah satu dari 13 aspek komponen penilaian kinerja Personil Polri dikelola oleh SDM Polri,” bebernya.