Luwu Utara, Rakyat News – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara menggelar Lomba Cipta Menu Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Luwu Utara Tahun Anggaran 2019 di Gedung Arma Karya Masamba, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan yang dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, ini diikuti 15 Kecamatan di Luwu Utara dengan melibatkan unsur PKK Kecamatan dan KWT Desa. Bupati Indah Putri Indriani dalam sambutannya berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut.

“Outcome dari sebuah kegiatan adalah bagaimana kegiatan itu bisa terus berlanjut, dan yang paling penting adalah bagaimana kegiatan itu bermanfaat dan dapat dikembangkan dengan usaha yang produktif dan ekonomis,” ujar Bupati beralias IDP ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi pangan lokal menjadi pangan sehat dan aman dengan komposisi gizi seimbang. “Saya lihat penyajiannya beda dengan tahun lalu, karena saat ini menggunakan lunchbox,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan, Aisyah, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal.

“Kita berharap ini dapat mendorong inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial,” sebut Aisyah. Ia menyebutkan, pemenang lomba ciptta menu kali ini berhak mewakili Luwu Utara untuk lomba yang sama di tingkat provinsi.

“Insya Allah, pelaksanaan Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada Minggu III September 2019 mendatang,” imbuhnya. Berikut hasil penilaian lomba Festival Pangan Lokal B2SA. Juara I diraih Kecamatan Rampi, juara II Baebunta dan juara III Baebunta Selatan.

Panitia juga menyediakan hadia bagi juara harapan I, II dan III, yang masing-masing diraih oleh Kecamatan Sukamaju Selatan, Masamba dan Tanalili. Para pemenang langsung menerima hadiah yang diserahkan langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (*)