MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi gerak cepat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dalam keikutsertaannya pada perhelatan MotoGP di Mandalika.

Kerjasama BPPD Sulsel dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Januari lalu telah mengeluarkan terobosan positif bagi Sulsel. Dalam kegiatan ini sebelumnya, hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Paparkan Perkembangan Vaksinasi

Salah satu tindaklanjutnya yakni hadirnya layanan penerbangan langsung atau direct flight dari Makassar – Lombok – Makassar atau UPG – LOP – UPG yang telah dilaunching pada 22 Februari 2022.

Andi Sudirman menjelaskan, bahwa dirinya tentu menginisiasi langkah Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini.

“Alhamdulillah sesuai dengan hasil komitmen bersama dan penjajakan bersama Provinsi NTB maka tim (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) bersama BPPD Sulsel telah menginisiasi kerjasama dalam launching direct flight,” ungkap Andi Sudirman, Rabu (23/2/2022).

Rencananya, penerbangan pertama dari Makassar ke Lombok akan dilakukan pada 9 Maret 2022, sedangkan dari Lombok ke Makassar pada 10 Maret 2022. Penerbangan perdana akan menggunakan maskapai penerbangan Wings Air dari Lion Air Group.

“Dengan program ini maka penerbangan dapat dilaksanakan secara langsung Makassar-Lombok diperkirakan sekitar 1 jam 45 menit. Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu,” katanya.

Menurut Andi Sudirman, hal ini akan berdampak pada pemulihan sektor ekonomi dan pariwisata. Apalagi melibatkan para pelaku industri pariwisata di Sulsel.

“Program ini akan menggerakkan perekonomian Sulsel dalam upaya program percepatan pemulihan ekonomi,” pungkasnya.