MAKASSAR – Hari Isra Mi’raj kembali diperingati umat Islam hari ini, Senin, 28 Februari 2022. Dalam kalender Hijriah, Isra Miraj diyakini jatuh pada tanggal 27 Rajab. Dalam menyambut perayaannya, Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulawesi Selatan (Sulsel), dr Fadli Ananda SpOg MKes,mengingatkan pentingnya memakmurkan masjid.

Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulawesi Selatan (Sulsel), dr Fadli Ananda SpOg MKes, mengatakan, ada sejumlah hikmah yang bisa dipetik dari perjalanan Nabi Muhammad SAW ini. Antara lain, manusia tidak boleh berputus asa dari Rahmat Allah SWT. Segala masalah dalam kehidupan jangan sampai membuat manusia terpuruk, hingga ingin menyerah.

Baca Juga : Pemkab Selayar Peringati Isra’ Mi’raj dan Kukuhkan Pengurus DPD MUI

“Isra Miraj ini momentum bagi kita untuk terus bangkit menghadapi pandemi ini. Tidak boleh putus asa. Meskipun kondisi ini kita semua tidak tau kapan berakhir, dan membuat ekonomi masyarakat terpuruk,” kata Fadli Ananda, Senin, 28 Februari 2022.

Hikmah lainnya, menurut Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Bidang Pemberdayaan Masyarakat ini, adalah menyegarkan kembali pemahaman tentang shalat. Dimana sebelum shalat, seorang muslim harus harus bersih dan suci secara fisik dan mental. Kondisi inilah yang memungkinkan muslim lebih khusyu saat beribadah dan memohon pada Allah SWT.

Selain itu, peristiwa Isra Miraj juga mengingatkan muslim untuk kembali memakmurkan masjid, yang tidak hanya lewat ibadah rutin.

“Hal inilah yang terus kami galakkan di ISYEF, bagaimana memakmurkan masjid. Menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat Islam,” tuturnya.

Fadli Ananda berharap, momentum Isra Miraj ini bisa memperkuat iman dan takwa kepada Allah SWT.

Diketahui, Peristiwa Isra Miraj adalah peristiwa perjalanan malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Perjalanan malam ini berlangsung pada 27 Rajab taun 621 M atau tahun ke-10 dari kenabian beliau.