MUSIM HUJAN – Saat musim hujan tiba, sebagian masyarakat khawatir dengan kondisi rumahnya. Pasalnya, hujan deras disertai angin kencang selalu bisa menimbulkan berbagai bahaya mulai dari rumah bocor, berenang, hingga banjir. Hal ini dapat mempengaruhi kesejahteraan penghuni rumah.

Baca Juga: 6 Tips Cegah Banjir Hadapi Musim Hujan

Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak pengaturan yang harus segera dilakukan. Apalagi saat ini Indonesia sedang memasuki puncak musim hujan.

Data dari Pusat Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dua bulan pertama tahun 2022 akan menjadi puncak musim hujan pada 244 dari 342 musim (ZOM) Indonesia.

Jadi mulai sekarang, periksa kembali kondisi rumah untuk melihat bagian mana yang perlu diperbaiki. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi segala macam bahaya yang datang saat musim hujan. Dengan begitu, masyarakat tetap bisa berada di rumah dengan aman dan nyaman tanpa harus khawatir.

Baca Juga: Angin Kencang Hujan Lebat Melanda Sebagian Kota Makassar

4 Cara Hadapi Musim Hujan di Rumah dengan Nyaman

1. Bersihkan saluran pembuangan dari sampah

Masalah utama yang sering dihadapi saat musim hujan adalah banjir. Hal ini dapat disebabkan oleh cairan rumah yang terperangkap oleh puing-puing, seperti dedaunan dan puing-puing.

Baca Juga: USAID CCBO Sasar Pemkot Makassar untuk Pengolahan Sampah

Karena itu, periksa kembali saluran air di sekitar rumah. Sebaiknya bersihkan selokan, saluran air, dan pipa saluran pembuangan secara teratur. Jika memungkinkan, pasang pagar kawat untuk mencegah puing-puing terbawa air hujan.

2. Periksa kabel dan peralatan listrik

Memeriksa input listrik merupakan langkah penting yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, menyemprotkan air dengan peralatan listrik dapat menyebabkan korsleting yang berpotensi menimbulkan kebakaran.