MAKASSAR – Peran orang tua terhadap anak di era teknologi dalam hal pengawasan sangat penting.

Melihat dari segi perkembangan, maka tak diragukan lagi bahwa perkembangan dunia teknologi saat ini sangat pesat dilingkup masyarakat. Namun, hal itu tak lepas dari dampak kepada seorang anak yang kadang lepas dari pengawasan orang tua, Selasa (8/3/2022).

Dalam perkembangan teknologi saat ini juga memiliki dampak kepada anak yang tengah menjalani pembelajaran secara Online yang tak bisa lepas dari fasilitas seperti Handphone ataupun alat elektronik lainnya, karena kondisi tersebut dapat berdampak negatif apalagi tanpa adanya pengawasan dari orang tua.

Baca Juga : Diskominfo-SP Sulsel Apresiasi Penerapan TTE di Luwu Utara

Kepala Dinas Komunikasi Informatika,Mahyuddin mengatakan bahwa Diskominfo selalu memberikan himbauan melalui beberapa cara seperti media cetak, media sosial dan melalui mobil Halo yang mengelilingi Kota Makassar.

“Kami Diskominfo selalu menghimbau baik itu melalui media cetak, melalui flyer yang kami sampaikan di media social, kami menyampaikan melalui mobil Halo yang keliling dalam wilayah kota makassar,” ucap Mahyuddin kepada rakyatdotnews.

Ia menambahkan, Diskominfo hanya mengingatkan dan untuk lebih spesifik atau lebih berhak dalam hal penanganan ini pastinya para keluarga karena jika orang tua tidak membantu dalam problem ini maka akan menjadi sulit untuk menanganinya.

“Tetapi itu kami cuma mengingatkan masyarakat tapi untuk hal yang lebih spesifik atau lebih dekat dengan kewenangan seperti ini pasti keluarga, biarpun kami larang kalau orang tuanya tidak membantu yah susah juga jadi kuncinya ada di keluarga,” tambahnya.

Lanjutnya, jika orang tua memberikan fasilitas, maka harus ada pengawasan kepada si anak.

“Kalau orang tuanya bisa mengawasi anaknya dia kasih HP, gadget, dia kasih fasilitas bermain dalam internet dia kasih fasilitas seperti itu harus disertai dengan pengawasan karena kalau situs-situs yang memang terdeteksi oleh Kominfo pasti sudah terblokir,” tutupnya.

Baca Juga : Adaptasi Pola Kerja Baru, Ini yang Dilakukan Pejabat Fungsional Diskominfotik Luwu Utara

Pilihan Video