MAKASSAR – Tersangka terduga teroris dokter Sunardi ditembak mati oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, yang agresif melawan polisi di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Baca Juga : Terduga Teroris yang Ditembak Mati Adalah Anggota HASI

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Ahmad Ramadan mengatakan Sunardi mengendarai mobilnya ke arah polisi dan menyerang polisi.

“Saat penangkapan, SU melakukan perlawanan terhadap petugas secara agresif dengan menabrakkan mobilnya ke arah petugas yang sedang menghentikannya,” katanya, Kamis (10/3/2022), dilansir antaranews.com.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (8/3/2022) di Jalan Bekonang Sukoharjo depan Cendana Oli, Jawa Tengah. Dia mengatakan, perlawanan SU tidak hanya membahayakan nyawa petugas tetapi juga masyarakat sekitar.

SU diduga sebagai anggota jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). Beliau juga  menjabat sebagai amir khidmat, menjabat sebagai deputi dakwah dan inform.

“Yang bersangkutan juga sebagai nasihat amir JI dan juga penanggung jawab Ilal ahmar sosiety,” ujar Ramadhan.

Dokter Sunardi (54), atau SU melakukan praktik di rumahnya di RT 03/RW 07 Kampung Banggunharjo, Kelurahan Gayam, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Ketua RT 03 Bangunharjo, Bambang Pujiana, menjelaskan Sunardi adalah seorang dokter yang berpraktik di rumahnya sendiri.

Menurut Bambang, SU dikenal tertutup dengan warga sekitar dan tidak pernah menghadiri acara-acara desa seperti  kerja bakti atau rapat warga.

SU adalah orang yang tertutup dan tidak menyapa warga sekitar. Ia mengatakan, SU hanya bisa dilihat ketika dia pergi ke masjid dan  pulang begitu selesai beribadah

Menurutnya, SU dan keluarganya bukan dari Desa Gayam, melainkan pendatang yang membeli rumah di Sukoharjo.

Selama di Sukoharjo, SU belum menyerahkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada RT setempat.

Su memiliki empat anak dan seorang istri yang juga seorang dokter. Ia juga praktek dokter umum di poliklinik di Solo.

Sunardi juga memasang tanda di depan rumah dengan jadwal perawatan medis Sunardi dan nomor Surat Izin Praktik (SIP).