MAKASSAR – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP), Amson Padolo, beberkan akan launching program Sulsel Satu Data untuk memudahkan pengaksesan data.

Baca juga: Diskominfo-SP Sulsel Apresiasi Penerapan TTE di Luwu Utara

Program strategis Diskominfo-SP sesuai dengan yang disampaikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Terkait dalam pembangunan di bidang komunikasi dan informatika, khususnya bidang komunikasi publik yaitu bagaimana penguatan informasi bagi publik yang bersesuaian dengan program-program strategis provinsi.

Menurutnya, aplikasi ini dinilai mampu memberitahukan perkembangan yang ada di Sulawesi Selatan dari data-data yang disajikan.

“Terkait program Sulsel Satu Data, itu kita akan berupaya akan launching. Program yang ada ini terkait dengan bagaimana nanti semua OPD itu datanya ada di kita. Dimana OPD adalah produsen data, yang datanya akan kita kompilasikan masuk ke aplikasi Satu Data. Itu agar bapak Gubernur akan lebih mudah dalam mengetahui perkembangan terkait dengan data-data yang ada di Sulawesi Selatan,” jelasnya, pada Selasa (15/3/2022).

Selain program Sulsel Satu Data, ada juga program e-government. E-government itu merupakan sistem pemantauan berbasis elektronik (SPBE). Program ini berkenaan dengan pengintegrasian semua aplikasi yang ada di pemerintahan provinsi berbasis elektronik, yang dijabarkan dalam peraturan presiden terkait Surat Pemantauan Bumi Nasional (SPBN).

Bukan hanya itu, Diskominfo-SP juga memiliki program strategis C-Search, yang digunakan seperti untuk mendeteksi website yang bermasalah ataupun dalam menangkal berbagai virus-virus yang nanti akan bermasalah terhadap aplikasi. Program strategis ini sesuai dengan 4 urusan wajib yang mendasar bagi kominfo yaitu terkait komunikasi dan informasi, government, statistik, dan persandian.

Aplikasi yang ada di OPD-OPD akan diintegrasikan satu sama lain. Termasuk dalam hal pembenahan-pembenahan struktur terkait dengan teknologi informasi, seperti command center dan data center. Yang juga memuat informasi dari beberapa dinas yang memudahkan publik nantinya dalam mengakses kebutuhannya.