Jakarta, Rakyat News – Upaya Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendatangkan Kapal Rakyat bagi warga Luwu utara membuahkan hasil.

Kapal rakyat senilai Rp. 2,5 Milyar berhasil didapatkan oleh Pemkab Luwu Utara melalui program hibah kapal rakyat Kementerian Perhubungan RI.

Kapal rakyat senilai Rp. 2,5 Milyar berhasil didapatkan oleh Pemkab Luwu Utara

Penyerahan hibah kapal rakyat tersebut diterima langsung Bupati Indah dari Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub RI, Agus H Purnomo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (11/10).

“Kapal rakyat hibah tersebut panjangnya 30 meter, lebar 3 meter, berkapasitas 40 penumpang dengan kecepatan 8 – 9 knots. Kapal dilengkapi juga dengan sistem Sonar, GPS, Compas, dan pendingin ruangan atau AC, dan sejumlah peralatan lainya,” terang Agus.

Tidak hanya Luwu Utara, 36 Pemkab lainnya di Indonesia juga menerima hibah kapal rakyat dari Kemenhub ini.

“Pemkab Luwu Utara berterimakasih kepada Kemenhub terkhusus Dirjen Perhubungan Laut atas diserahterimanya kapal rakyat. Dengan adanya kapal rakyat ini dapat membantu mobilitas masyarakat kita khususnya di daerah-daerah pesisir,” kata Indah.

Selain itu, Indah menuturkan kapal rakyat tentu juga diharapkan dapat memudahkan lalulintas laut.

“Bukan hanya manusia tapi juga barang untuk daerah-daerah tertentu apalagi kita akan segera mengaktifkan/mengoperasionalkan pelabuhan Munte di Kecamatan Tanalili. Mudah-mudahan program ini dapat terus berlanjut di masa-masa akan datang,” harap Bupati Indah yang didampingi Kadis Perhubungan Hakim Bukara saat menerima hibah kapal rakyat untuk masyarakat Luwu Utara.

 

Penulis : Arif Tanjung

Editor  : Pijar Barutji