BANTAENG – Bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh muslim di belahan dunia ini. Pada momentum tersebut umat Islam berbondong-bondong memperbanyak pahala dengan berbagai kegiatan ibadah.

Di Kabupaten Bantaeng, antusiasme umat Islam dalam menyambut bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah itu terlihat saat tengah malaksanakan gotong royong membersihkan masjid.

Seperti yang dilakukan oleh warga Kampung Paccami, Desa Desa Barua RT 01 Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, mereka bergotong royong membersihkan masjid yang nantinya akan digunakan untuk pusat beribadah seperti pelaksanaan sholat tarawih dan mengajin anak-anak semasa bulan ramadhan itu.

Baca Juga : Bantaeng Jadi Satu-satunya Kabupaten di Sulsel yang Lolos Ajang Bergengsi Nasional

“Tradisi bersih-bersih masjid ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadan, karena dengan suasana masjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk,” ujar Ketua RT, 01.Kamis 17-3-2022.

Suardi mengatakan, kegiatan gotong royong tersebut juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga, karena dengan bergotong royong warga bisa berkumpul dan menyelesaikan pekerjaannya secara cepat.

“Selain membersihkan masjid, kami juga melakukan pembersihan gorong gorong di sekitaran mesjid,” katanya.

Tak sampai di situ, Suardi atau yang kerap di sapa mister yang juga merupakan Ketua RT 01 mengatakan, kegiatan bersih bersih masjid menjelang Ramadan ini agar masjid tetap terpelihara kebersihannya.

“Momen seperti ini salah satu cara untuk meningkatkan tali silaturrahim sesama warga yang mungkin untuk bertamu ke setiap rumah agak sulit, karena setiap warga disibukkan dengan aktivitas masing-masing,” ucapnya.

Mister menambahkan, tradisi gotong royong membersihkan masjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramdhan saja, namun juga dilakukan setiap saat sesuai dengan kondisi Masjid pada saat itu.

Baca Juga : 3500 Nelayan Bantaeng Akan Dapat Perlindungan Jaminan Sosial

Pilihan Video