MAKASSAR – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kabupaten Luwu Utara (Lutra) tahun 2022 bertajuk ‘Mewujudkan Nilai-nilai Uniersal Alquran Menuju Utara Maju Mandiri dan Harmonis’ berlangsung di Lapangan Parkir Timur Kantor Bupati Luwu Utara, pada Minggu (20/3/2022).

Baca Juga : Buka MTQ Kabupaten, Ilham Azikin Ajak Ulama Sosialisasikan Vaksin

Pelaksanaan kegiatan MTQ ini selama tiga hari mulai tanggal 20 hingga 23 Maret 2022 dengan diikuti peserta sebanyak 228 orang se-Kabupaten Lutra, dengan 14 kategori lomba yakni tilawah remaja, tilawah dewasa, tartil, hafdzil 1 juz, 5 juz, 10 juz, dan 30 juz, syarhil quran, kaligy kategori khat, dekorasi hiasan mushaf dan nashah.

Dalam laporan Panitia Asisten Pemerintahan dan Kesra, Jumal Jayair Lussa menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini digelar.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengalaman dan penyebaluasan Alquran dan Al hadist serta menjadikan Al-Qur’an dan Al hadist sebagai spirit pembangunan daerah berdasarkan pendekatan agama, menuju Luwu Utara yang maju, mandiri dan harmonis,” jelasnya.

Dalam sambutan Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengatakan pelaksanaan MTQ ini untuk meningkatkan nilai religius dan mendekatkan jiwa mengamalkan Al-Quran.

“Salah satu tujuan pelaksanaan MTQ ini adalah untuk mendekatkan jiwa dan semangat umat islam kepada kitab suci dan sekaligus meningkatkan semangat membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Quran,” terangnya.

Walaupun di tengah pandemi Covid-19 kegiatan ini digelar dengan sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Pelaksanaan MTQ kali ini nuansanya kita lakukan secara sederhana dan terbatas dengan pertimbangan kita masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kita tidak ingin mTQ menjadi sumber penularan Covid-19. Walaupun kita sadari bahwa memang kondisi saat ini sudah mulai melandai atau bahkan sudah mulai menurun, oleh karena itu walaupun kondisir sudah menurun akan tetapi kita harus waspada dengan tetap mentaati protokol kesehatan,” ucapnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan silaturahmi.

“Mari kita tetap jalin silaturahmi, jadikan ini ajang silaturahmi kita berharap pembinaan ini dapat diteruskan dan ditingkatkan hingga bisa mencapai ke level yang lebih tinggi,” harapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Bupati Lutra dan penyerahan piala bergilir dari pemenang tahun lalu yaitu Kecamatan Sukamaju kepada Bupati Lutra.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Lutra, Suaib Mansur, Ketua DPRD Kabupaten Lutra, Basir, Sekretaris Daerah Kabupaten Lutra, Amriadi, Ketua PN Lutra, A. Musyatir, Ketua PA Lutra, Amrul Arsyad, Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf. Apriadi Nidjo, Kepala Rutan kelas II.B Agung Hartono, Para Asisten, para staff ahli, dan para pimpina SKPD Kabupaten Lutra.