MAKASSAR – Pembukaan Peningkatan Kapasitas SDM Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Luwu Utara (Lutra) yang Bernuansa Hak Asasi Manusia digelar di Lapangan Asrama Brimob Baebunta, Senin (21-28/3/2022).

Baca Juga : Tingkatkan UMKM TP PKK Kota Makassar Sinergi Bersama PIPEBI

Seperti yang diketahui Satpol PP mempunyai peranan penting dalam membantu bupati pada penyelenggaraan pemerintahan dan ketertiban umum, penegarakan perda perlindungan masyarakat.

Senada dengan sambutan Wakil Bupati Lutra, Suaib Mansur dalam menjalankan tugas dibutuhkan sosok personil yang mampu menjabarkan tupoksi secara proporsional dan menjunjung tinggi etika.

“Untuk menjalankan tugas diperlukan adanya sosokpersonil yang mampu menjabarkan tupoksi secara proporsional dan menjunjung tinggi etika,” jelanya.

Namun, kerap kali keberadaan Satpol PP mendapatkan sorotan dari masyarakat berkaitan dengan maraknya personil yang menunjukkan arogansinya dalam menjalankan tugas.

TIngkatkan Kapasitas SDM Satpol dan Damkar, Berikut Pesan Wabup Lutra
peserta pelatihan

Maka Dari itu, Suaib Mansur menekankan kepada Satpol PP dalam menjalankan tugas mengedepankan sifat humanis.

“Saya menekankan kepada Satpol PP Kabupaten Luwu Utara untuk senantiasa mengedepankan sifat humanis dalam menjalankan tugas. Jadilah petugas yang berwibawa namun santun, jadikan kritikan dan masukan masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja bukan sebalikya menjadikan kritikan menurunkan semangat kerja,” tegasnya.

Sedangkan untuk personil Damkar, Ia meminta agar selalu siap siaga dalam melayani masyarakat walaupun dalam keadaan terbatas.

“Khusus personil Damkar, saya menekankan untuk senantiasa stand by dalam melakukan pelayanan masyarakat, keterbatasan bukanlah hal yang menurunkan produktifitas,” titahnya.

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Satpol PP dalam menunjang tugaskeseharian dan menekan personil agar mengikuti proses latihan yang dijalani.

“Saya mengapresiasi kepada Satpol PP yang telah menggagas acra yang sangat penting ini dalam menunjang tugas-tugas keseharian sekaligus menekankan kepada seluruh personil yang mengikuti kegiatan ini agar bersungguh-sungguh dalam menjalani latihan ini,”

Adapun peserta pelatihan ini diikuti oleh 50 orang yang 20 orang dari pemadam kebakaran dan sisanya dari Satpol PP.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kasatpol PP, Damkar dan Danyon D Pelopor Baebunta, Muhammad Agus.