JAKARTA – Kuasa Hukum Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti, Nurkholis akan laporkan balik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ke pihak kepolisian pada Rabu, 23 Maret 2022.

Nurkholis mengatakan, bakal membawa detail data dari isi YouTube yang dipersoalkan oleh Luhut dalam laporan tersebut.

Menurutnya, dalam pelaporan itu, akan membeberkan riset dar 9 NGO ke polisi.

Baca Juga : Tim Advokasi Demokrasi: Kasus Haris Azhar dan Fatia Dipaksakan

“Secara subtansif tadi, Fatia sama Haris menyampaikan hal-hal yang lebih detail termasuk juga dokumen pendukung dugaan skandal ekonomi, yang diduga melibatkan pak LBP sebagaimana itu sudah ada dalam hasil riset dari 9 NGO,” kata Nurkholis di Gedung Ditreskrimsus pada Senin, 21 Maret 2022.

Sementara itu, Kuasa Hukum Luhut, Juniver Girsang mengatakan, pihaknya siap menghadapi rencana pelaporan balik kliennya oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti.

“Iya silakan aja, klien kami siap menghadapi dan siap menjelaskan kalau ada laporannya. Tapi harapan kami laporan-laporan itu bukan opini tapi harus ada faktanya,” ujar Juniver saat dihubungi pada Senin malam, 21 Maret 2022 dikutip dari tempo.co.

Pihaknya telah mengimbau kepada Haris dan Fatia agar mengklarifikasi pernyataannya. Namun, tidak ditanggapi serius.

“Kemudian pada saat dipanggil kepolisian untuk mediasi 2 kali tidak hadir malah dikatakan waktu kita yang mepet. Bayangkan sesibuk-sibuknya klien kami di dalam tugasnya sebagai abdi negara ini dia menyempatkan waktu untuk mediasi, ternyata rekan-rekan Haris Azhar maupun Fatia tidak menghormati itu,” ujar Juniver.

Juniver menyatakan, kliennya siap buka-bukaan di Pengadilan nanti.

“Jadi sangat transparan nanti kita lihat dan klien kami sangat siap setiap saat apabila ada panggilan dari pengadilan untuk memberi keterangan,” kata Juniver.