Makassar, Rakyat News – Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 November, memiliki makna tersendiri bagi setiap individu masyarakat Indonesia, termasuk bakal calon bupati Bulukumba, Muhammad Risman Pasigai.

MRP sapaan akrabnya menilai, peristiwa 10 November 1945, saat pahlawan berjuang mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah adalah peristiwa heroik yang mampu membakar semangat nasionalisme, sehingga wajib untuk diperingati.

Kemerdekaan yang dinikmati saat ini, kata Wakil Ketua DPD Golkar Sulsel itu, adalah buah dari perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan para pahlawan.

“Jasa Pahlawan untuk bangsa Indonesia teramat besar. Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini adalah buah manis dari perjuangan yang dilakukan para pahlawan,” kata MRP, Minggu (10/11/2019).

Olehnya itu, ujar Wakil Ketua Umum DPP KNPI ini, sebagai generasi pelanjut cita-cita bangsa, peringatan Hari Pahlawan Nasional harus dimaknai sebagai sebuah spirit untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

“Pahlawan telah menitipkan bangsa ini kepada kita semua sebagai generasi pelanjut. Tentu dengan begitu banyak harapan. Karenanya, momentum Hari Pahlawan ini, kita harus merefleksi kembali apa yang telah kita berikan untuk bangsa ini,” ucap mantan ketua PB HMI itu.

Kandidat dengan tagline “Ayomi” ini berharap, momentum Hari Pahlawan, menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk senantiasa menjaga kedaulatan negara, seperti apa yang telah menjadi cita-cita luhur para pahlawan.

“Hakekat dari perjuangan para pahlawan itu harus kita junjung tinggi, sebagai bentuk penghormatan atas segala jasanya untuk bangsa ini,” ungkap mantan Sekjen PB IPMAH ini.

Karenanya, dimomentum Hari Pahlawan Nasional tahun ini yang juga berdekatan dengan pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada), MRP mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga keharmonisan serta menciptakan iklim politik yang damai, sehingga bisa terhindar dari perpecahan.