JAKARTA – Akselerasi vaksinasi serentak 5.225 titik pada 34 Provinsi dengan jumlah target sebanyak 1.129.668, yang terdiri dari dosis I, II dan III atau booster pada hari Selasa (29/3).

Baca Juga : Kapolri Kejar Target Vaksin Booster Agar Warga Miliki Kekebalan Jalani Aktivitas Ramadan

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tujuan dari vaksinasi ini ialah dapat untuk mencapai angka minimal 1.129.668 karena pemerintah sudah mengeluarkan pengumuman bahwa aktivitas akan berjalan normal selama Ramadan.

“Target kita hari ini, kita laksanakan vaksinasi serentak gabungan dengan 34 wilayah atau provinsi, harapannya kita bisa berada di angka minimal 1.129.668. Jadi kenapa ini menjadi hal penting, karena kita tahu bahwa saat ini kita akan memasuki bulan Ramadan dan Pemerintah sudah mengumumkan bahwa aktivitas di bulan Ramadan diberlakukan normal,” ucap sigit.

Lanjutnya, oleh karena hal itu akselerasi vaksin harus ditingkatkan terkhusus booster sehingga kondisi kesehatan terjaga selama berkegiatan di bulan Ramadan.

“Oleh karena itu menghadapi bulan Ramadan saya minta akselerasi vaksinasi terus ditingkatkan khususnya vaksin booster ketiga. Sehingga pada saat rangkaian kegiatan di bulan Ramadan, kegiatan Halal Bi Halal, kegiatan mudik semua dalam kondisi betul-betul memiliki kekebalan atau imunitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, sehingga percepatan vaksin booster harus didukung agar masyarakat mendapat imunitas setidaknya 90 persen dan harus terus dilakukan.

“Sehingga tentunya kita dorong bagaimana kita bisa mempercepat vaksin booster. Sehingga masyarakat kita mendapatkan imunitas kekebalan minimal 90 persen. Dan ini terus menerus harus kita lakukan,” jelasnya.

Tambahnya, ia berharap laju pandemi ini dapat terkendali karena hal itu sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang diharapkan dapat terjaga di atas 5 persen.