Kolaka Timur – Seorang warga Kelurahan Simbalai, Kecamatan Loea, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) Tri Sutrisno (43), menemukan kain kafan misterius berisikan rambut dan beraroma harum di kebunnya, Sabtu (02/04/2022).

Tri Sutrisno mengatakan, awal mula ia menemukan kain kafan tersebut yaitu saat hendak mmbersihkan kebun nilamnya, kemudian ia tertuju pada pohon yang pernah ditanamnya puluhan tahun lalu.

“Kelas dua SMP saya tanam ini pohon. Tiba-tiba ada akarnya yang keluar. Kain kafan itu mengikut keluar tapi hanya sedikit saja,” katanya dikutip dari kendariinfo.com, Minggu (03/04/2022).

Baca Juga: Gelar Razia Balap Liar, Polresta Kendari Amankan 41 Motor

Karena penasaran, Tri Sutrisno pun menarik kain tersebut hingga sepenuhnya keluar dari tanah. Dia pun kaget, rupanya benda itu merupakan kain kafan sepanjag 3 meter dengan lebar 60 sentimeter berisi rambut dan tulang belulang.

“Sekitar ratusan tahun lalu kayaknya karena tulang-tulangnya sudah hancur. Saya cium aromanya, ternyata harum sekali,” tambahnya.

Tri mengatakan, seingatnya sejak kecil lahan tersebut hanya digunakan orang tuanya sebagai tempat berkebun untuk menggantungkan hidup.

Baca Juga: Ali Mazi Dukung Pembuatan Minyak Kelapa oleh KNPI Sultra

Namun, orang tuanya pernah bercerita padanya bahwa tempat tersebut merupakan persinggahan kaum penjajah Jepang. Ia menduga kain kafan tersebut berasal dari masa penjajahan Jepang terdahulu.

Untuk mengantisipasi hal buruk, Tri memilih menguburkan dan menanam kembali kain serta rambut yang Ia temukan.

“Saya panggil imam kampung untuk tanam kembali di lokasi yang sama,” pungkasnya.