Kendari – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar kegiatan tapak tilas pahlawan nasional asal Buton “Oputa Yi Koo” di Alun-Alun Kotamara, Baubau dan Buton pada 22 – 28 Mei 2022 mendatang.

Kegiatan tersebut akan mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Tapak tilas “Oputa Yi Koo” dilakukan untuk mengenang kembali sejarah dan perjuangan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yi Koo) saat mengatur strategi melawan pendudukan pemerintah Belanda pada waktu silam.

Baca Juga: Bersama Investor, Gubernur Ali Mazi Kunjungi Pengolahan Aspal di Buton

“Tapak tilas nanti itu event sejarah untuk mengenang kembali pahlawan nasional yang satu-satunya berasal dari Buton. Jadi rencananya, kita mau menyusuri jalannya ketika dulu dia berperang sampai di makamnya beliau di gunung Siontapina,” kata Kadis Parisawata, Belli Tombili kepada Kendariinfo, Senin (18/4/2022).

Perjalanan tapak tilas tersebut akan dilaksanakan selama dua hari, dengan jarak tempuh sepanjang 28 kilometer, dan akan dihadiri oleh 200 tim yang berasal dari beberapa provinsi.

“Nah itu kurang lebih jaraknya 28 kilometer, jadi perjalanannya selama dua hari. Nanti konsepnya jalan per tim dan semuanya itu menginap di tenda, kemarin yang kita dapat informasi yang mau ikut berpartisipasi 200 tim, ada yang dari Jawa, Makassar, ada dari Kalimantan,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Ali Mazi Tinjau Pembangunan Sarana Olahraga Taraf Nasional di Buton

Belli mengungkapkan, kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, namun dirinya ikut berpartisipasi untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Sultra.

“Kita berpartisipasi untuk ikut mengembangkan pariwisata kita di Sultra, persiapannya sudah 60 – 70 persen, dan sebenarnya ada empat menteri yang diundang, tapi belum dapat konfirmasi. Yang jelas pak Sandiaga Uno akan hadir di Baubau nanti kalau waktunya pas,” ungkapnya dikutip dari kendaiinfo.com.