Makassar, Rakyat News – awal tahun dimanfaatkan oleh tokoh dan pegiat seni di Sulawesi Selatan untuk memulai langkah revolusioner untuk menggagas pencanangan tahun seni dan budaya. Ide ini setelah adanya pertemuan nonformal disalah satu kafe dibilangan parang tambung kota Makassar (03/01/2020).

Acara kumpul- kumpul yang dihadiri oleh beberapa tokoh seniman, budayawan, serta akademisi dibidang seni yang tergabung dalam Forum Masyarakat Seni Sulawesi Selatan disingkat FORMASI kemudian dilanjutkan dengan diadakannya rapat yang menghasilkan satu kesepakatan untuk merangkul lebih luas kelompok- kelompok seni yang ada di Sulawesi Selatan (05/01/2020). 

Noval A Makmur, selaku koordinator FORMASI mengatakan, “iya, lembaga ini dibentuk sejak beberapa tahun lalu sebagai jawaban dari akumulasi kegelisahan teman- teman seniman dengan semakin tidak terkoordinasinya agenda- agenda seni kita. Padahal potensi seni teman- teman justru sangat berkembang meliput ruang- ruang yang baru saat ini”.

Lebih lanjut Noval A Makmur,”atas masukan dari para senior dan teman- teman, hari ini (06/01/2020) Insya Allah ba’da maghrib bertempat di gedung kesenian Societet De Harmony kita akan memulai gerakan ini dengan pencanangan 2020 sebagai tahun seni di Sulawesi Selatan, untuk maksuud tersebut kami mengajak teman- teman untuk bisa bergabung saling menguatkan dalam kegiatan ini. Sebab hanya dengan bersinergi, kita bisa mewujudkannya”ajak Noval

Deklarasi pencanangan 2020 sebagai Tahun Seni ini akan diwarnai pembentangan spanduk panjang. Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi siapa saja tokoh dan pejabat yang akan hadir dalam. (*)