Melalui GPM ini, masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan pokok yang disediakan oleh Kementan dan Dinas TPH dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran.

“Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti, Pasar Tani yang dikoordinasikan Kementan mengadakan Gelar Pangan Murah di seluruh provinsi. Seluruh Pejabat Kementerian Pertanian turun lapangan untuk mengawalnya. Semua produk yang dijual di Pasar Tani diambil langsung dari petani. Jadi, kualitasnya terjamin dan harganya juga lebih terjangkau. Sedangkan untuk produk kebutuhan pokok lainnya yang tidak diproduksi sendiri oleh petani seperti gula dan minyak goreng didatangkan langsung melalui vendor. Harapannya, kegiatan ini mampu memperkuat akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas,” jelas Retno.

Hadir mewakili Gubernur Kalimantan Selatan, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalsel, Syaiful Azhari menyatakan rasa terima kasihnya karena telah menyelenggarakan GPM di wilayahnya, sehingga warga Kalimantan Selatan mampu mendapat akses ke bahan pangan pokok berkualitas.

“Kami sangat berterima kasih telah memilih kota kami untuk melaksanakan GPM ini kepada Dirjen Hortikultura beserta jajarannya. Ini sangat membantu untuk mengenalkan petani daerah, sehingga petani mampu secara langung memasarkan produk unggulan yang diproduksinya dan bisa memahami komoditas apa yang bisa kami tingkatkan khususnya di Kalimantan Selatan ini,” ujar Syaiful.

GPM disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga bahan pangan pokok yang dijual benar lebih murah dari harga pasar.

“Gelar pangan pokok murah ini sangat membantu kami sebagai masyarakat. Di tengah keadaan berbagai bahan pokok yang mahal dan langka, ini sangat menolong di waktu mendekati lebaran, Semoga Gelar Pangan Murah semakin banyak diadakan di berbagai tempat,” tutup Satiyah, salah satu pengunjung.