TEKNO – Menurut Perusahaan Keamanan Siber Zscaler melalui pengumumannya terdapat 16 Aplikasi lain yang juga terdeteksi mengandung virus joker saat sebelumnya temuan QHSL menyatakan delapan aplikasi android dari google playstore telah mengalami penyusupan.

Baca Juga : Kendalikan Gratifikasi Pegawai, Bupati Luwu Utara Launching Aplikasi WBS

Dikatakan sangat berbahaya sebab dapat menjebol rekening anda melalui aplikasi yang terdownload di ponsel anda. Virus Joker sejak tahun 2017 telah mendapat perhatian dari keamanan siber.

“Semenjak kemunculannya pada 2017 hingga sekarang, setidaknya Google telah memindai dan menghapus sebanyak 1.700 aplikasi Android yang disusupi virus tersebut. Pada September 2020 lalu, virus Joker juga ditemukan di 24 aplikasi Android, serta 8 aplikasi lain juga dilaporkan mengandung virus pada pertengahan tahun ini,” dikutip dari tempo.co, Sabtu (28/08/2021).

Peneliti dari perusahaan keamanan siber Quick Heal Security Lab, memberi penjelasan terkait kerja virus melalui ponsel yang menggunakan teks palsu untuk memainkan data serta mendapatkan keuntungan dari rekening, seperti berlangganan layanan berbayar tanpa izin.

Melalui laman truescoopnews.com, 16 aplikasi yang terdeteksi mengandung virus Joker yaitu All Good PDF Scanner, Blue Scanner, Care Message, Desire Translate, Direct Messenger, Hummingbird PDF Converter – Photo to PDF, Meticulous Scanner, dan Mint Leaf Message-Your Private Message.

Sedangkan 8 aplikasi lainnya adalah One Sentence Translator – Multifunctional Translator, Paper Doc Scanner, Part Message, Private SMS, Style Photo Collage, Talent Photo Editor – Blur focus, Tangram App Lock, dan Unique Keyboard – Fancy Fonts & Free Emoticons.