Takalar, Rakyat News – Untuk pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan gelar Lomba Hand Traktor yang dilepas secara resmi oleh Sekda Takalar Drs.H.Arsyad, MM yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Muh.Hasbi S.STP. MAP di kompleks persawahan yang berlokasi di belakang terminal Kabupaten Takalar, Jum’at, 7 Februari 2020.

Sekda Takalar Drs.H.Arsyad, MM, usai melepas lomba mengatakan bahwa beliau selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan bagian dari inovasi baik dan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat maupun berorientasi peningkatan hasil dan berorientasi pada peningkatan menambah produk sesuai dengan undang-undang No.23 tahun 2014.

“Dengan adanya lomba seperti ini kita tidak hanya sekedar mencari siapa pemenang tetapi para petani diharapkan agar mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan produksi pertanian dan tentunya untuk mengasah skill dan mengetahui ketahanan dari hand traktor masing-masing,” jelas sekda lebih jauh.

Semoga perlombaan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun dan tentunya lebih baik lagi karena warga begitu antusias dalam menyaksikan secara langsung perlombaan hand traktor tersebut, ini terbukti meskipun hujan deras mengguyur tetapi tidak menyurutkan langkah warga untuk menyaksikan lomba karena ini kali pertama lomba hand traktor dilaksanakan di Kabupaten Takalar.”ujarnya H.Arsyad

Sementara itu, Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Muh. Hasby S.,STP, M.AP pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa program kementerian pertanian yakni di bidang sektor pertanian semakin maju, mandiri dan modern. Karena kita lihat di era modern sekarang ini, seluruh petani tidak lagi manual dalam pembajakan, mereka menerapkan mekanisasi dengan menggunakan alat mesin pertanian yang ada.”ucapnya Pak Kadis

“Tentu kita berharap agar semua petani bisa menguasai dan mengoperasikan alsintan yang mereka miliki, selain itu juga kegiatan ini menjadi wadah perkumpulan para petani di Kabupaten Takalar,”

“Sebanyak kurang lebih 200 petani mengikuti lomba ini terdiri dari para kelompok tani dari Kabupaten Takalar, Gowa, Je’neponto dan Kabupaten Bantaeng.

Diketahui bahwa ada 4 kelas hand tracktor yang diperlombakan seperti Kubota 8,5 PK, Yanmar 8,5 PK, umum dan Roda Empat,”pungkas Kadis Pertanian Muh Hasbi.(I)

Penulis : Humas Pemkab Takalar