JAKARTA – Sembilan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Cabang Rumah Tahanan dilantik oleh Sekretaris Jenderal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Cahya Hardianto Harefa pada hari Kamis (2/6) di Aula Gedung Merah Putih KPK.

 

Baca Juga : Andi Sudirman Bawa Nilai MCP KPK 2021 Sulsel Naik Signifikan

Cahya mengungkapkan harapan kepada para pegawai baru lembaga antirasuah untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

 

“Saya meminta agar para pejabat yang dilantik hari ini terus melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi guna meningkatkan kinerja dan pelayanan secara maksimal,” ujarnya dilansir dari CNN Indonesia.

 

Ia juga berpesan agar para pegawai baru mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dengan baik dan menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Pelantikan turut disaksikan oleh Anggota Dewan Pengawas KPK, Indriyanto Seno Adji, Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

 

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diwakili oleh Supranawa Yusuf selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama dan Madya KPK, serta Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Herman.

 

Cahya mengatakan, pelantikan sembilan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama merupakan hasil dari seleksi terbuka yang diselenggarakan KPK melalui Pansel, dimulai dari tahap pengumuman pada 14 Februari 2022 sampai dengan tahap akhir pada 28 April 2022.

 

Proses seleksi mencakup tahap administrasi, penulisan makalah/policy brief, asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural, pemeriksaan kesehatan, pemaparan makalah dan wawancara, hingga pengumuman hasil seleksi, dan pelantikan pada hari ini.

 

Ia mengklaim proses seleksi terbuka telah dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang Aparatur Sipil Negara, KPK, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, serta telah berkoordinasi dengan KASN.