MEDAN – Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengajak generasi muda dan mahasiswa di Kota Medan untuk terjun ke sektor pertanian sebagai sumber kehidupan yang menjanjikan. Menurut dia, pertanian terbukti menjadi penopang perekonomian nasional dibanding Sektor-sektor lainnya.

Baca Juga : Gubernur Ajak OPD Pemprov Sulsel Rapat di Tengah Hutan Pinus

“Tahun 2045 adalah Cita-cita kita untuk menjadikan Indonesia emas. Nah tepat 100 tahun kemerdekaan itu SDM kita harus berkualitas, terutama di sektor pertanian yang harus berjalan selaras. Kenapa? karena pertanian salah satu sektor yang berkembang pesat,” ujarnya, Jumat (3/6/2022).

Bobby mengatakan anak muda dan mahasiswa tidak boleh berpikir sempit mengenai sebidang tanah kecil tidak dapat menumbuhkan apapun. Di sisi lain, kaum muda harus berpikir luas dengan bercocok tanam di lahan biasa namun hasil produksinya juga luar biasa.

“Indonesia adalah negara yang pas untuk mengembangkan sektor pertanian. Istilahnya bambupun bisa tumbuh di negara kita. Oleh karena itu saya berharap temen temen polbangtan bisa menjawab harapan negara untuk meningkatkan produksi, walapun lahan yang kita punya sangat sedikit,” katanya.

Bobby menambahkan, pertanian Indonesia ke depan harus berbasis teknologi dan inovasi. Tanpa itu semua, pertanian Indonesia akan tumbuh pada tingkat yang lebih rendah dari negara lain dan menjadi negara tertinggal.

“Pertanian itu harus berbasis teknologi dan inovasi. Pertanian itu bukan hanya masalah pupuk, atau cara menanam. Tapi pertanian itu berbicara dari hulu ke hilir yang harus saling berkaitan. Itulah pertanian kita ke depan,” katanya.

Bobby Nasution Ajak Generasi Muda Terjun ke Sektor Pertanian
                                                                      Wali Kota Medan, Bobby Nasution

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam beberapa kesempatannya berharap agar kontribusi dunia pendidikan dalam meningkatkan kemajuan pertanian Indonesia dalam rangka melahirkan suatu gagasan yang konkrit.

“Sains, riset, dan teknologi harus terkonsepsi dengan program-program yang dilaksanakan. Karena itu saya titipkan kemajuan pertanian masa depan di tangan generasi muda,” katanya.

Apalagi, Menurut SYL, pertanian bukan hanya mengenai pemenuhan sumber pangan masyarakat Indonesia, namun juga mampu membuka lapangan kerja serta basis ekonomi dari negara kuat.

“Alhamdullilah pertanian kita cukup memberikan kekuatan dan keyakinan bahwa kita harus mengelolanya lebih kuat lagi karena inilah sumber kekuatan negara,” ujarnya.