JENEPONTO, RAKYAT NEWS – Dampak pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini telah merusak seluruh tatanan kehidupan semua sektor. Salah satunya adalah sektor pertanian.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 1425 Jeneponto akan melaksanakan program untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 terutama ketahanan pangan.

“Insya Allah, pihak Kodim 1425 Jeneponto akan mendukung salah satu program ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19 saat ini yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur,” ungkap Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir kepada Rakyat News, Kamis (28/05/2020).

Irfan menyebut program ketahanan pangan dalam mengantisipasi dampak Covid-19 ini yakni dengan memanfaatkan lahan tidur milik satuan Kodim 1425 Jeneponto.

Program ini kita lakukan kata Irfan,  untuk mengantisipasi dampak Covid-19 terhadap ekonomi di masyarakat dengan mendorong masyarakat untuk meningkatkan pertanian, peternakan dan perikanan sesuai dengan kondisi daerah.

Hal ini dilakukan dalam rangka ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan tidur milik satuan agar ditanami tanaman umbi-umbian sesuai kondisi daerah masing-masing, sambung Irfan.

Terkait hal tersebut, pihak Kodim 1425 Jeneponto telah melaksanakan pemanfaatan lahan tidur yang berada di belakang Asrama Kodim 1425 Jeneponto, Jalan Abdul Jalil Sikki Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto dengan luas lahan 25 X 30 meter persegi.

“Saat ini lahan tersebut sudah siap untuk ditanami dan akan di gabungkan dengan green house untuk pengembangan tanaman hidroponik,” sebut Dandim 1425 Jeneponto.

Selain pemanfaatan lahan tidur satuan, Kodim 1425 Jeneponto juga sudah menjalankan program kebun percontohan dalam mendukung program ketahanan pangan dengan menggandeng kelompok-kelompok tani di wilayah-wilayah desa binaan, tutupnya. (*)