JAKARTA – Singapura yang identik dengan patung singanya tersebut kini menjadi sorotan di media sosial karena dikabarkan terdapat sebuah bir yang terbuat dari urine dan air limbah.

Baca Juga : Kunjungi Indonesia, Menkeu Singapura Lirik Potensi Investasi RI

 

Ide untuk membuat hal itu muncul dari upaya menekan angka ramah dilingkungan negara tersebut yang membuat sebuah pabrik pembuat minuman alkohol perkenalkan inovasi tersebut.

Bir tersebut diberi nama NEWBrew yang terbuat dari NEWater merupakan model air daur ulang segar berkualitas tinggi di Singapura. Dilansir dari BBC, air tersebut terbuat dari cairan yang didaur ulang melalui limbah, kemudian disaring, dan dipompa ke sumber air Singapura.

Minuman beralkohol ini diluncurkan oleh perusahaan air nasional Singapura PUB yang berafiliasi dengan tempat kerajinan pembuatan bir asli Brewerkz. Diketahui bahwa air daur ulang Singapura telah mematuhi standar internasional air minum yang aman, sehingga cukup bersih digunakan untuk pembuatan bir.

Hal tersebut ditanggapi oleh salah satu restoran bernama Brewerkz yang mengatakan bahwa minuman tersebut merupakan bir yang sangat nyaman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan iklim tropis yang ada di Singapura.

“Dengan aftertaste seperti madu panggang yang lembut,” tuturnya.

Selain itu, 95 persen bir tropis ini terbuat dari NEWater, menggunakan bahan-bahan terbaik seperti malt barley Jerman kualitas premium, aromatik Citra dan Calypso hop, kemudian kandungan kveik, komposisi yang paling dicari dari rumah pertanian Norwegia.

Baca Juga : Sampah Plastik Minuman Tutupi Kanal, Kadis PU Makassar Intruksikan Pembersihan