JAKARTA – Terdapat cerita yang unik dari Steve Jobs yang sangat membenci Android dan ia mengatakan bahwa dirinya akan menghabiskan sisa hidupnya termasuk segala uang milik Apple untuk lakukan perlawanan karena ia menganggap bahwa Android telah meniru iPhone.

Baca Juga : iOS 16 Segera Dirilis, Simak Daftar iPhone yang Kebagian

Jobs menjelaskan bahwa kemiripan antara Andriod dan iOS merupakan pencurian yang besar dan Apple telah mengajukan gugatannya terhadap sejumlah ponsel Android karena dituding meniru iPhone.

Padahal sebelum peluncuran Android, Apple menjalin hubungan baik dengan Google. Produk Google seperti mesin cari dan peta adalah bagian penting dari ekosistem Apple.

Pada saat itu, Eric Schmidt yang dulu CEO Google, bahkan menjadi anggota direksi Apple. Hubungan Eric dan Steve Jobs termasuk dekat dan sering berdiskusi. Eric masuk direksi Apple sejak tahun 2006 sampai 2009.

Sosok Eric inilah membantu mengintegrasikan layanan Google ke iPhone. Bahkan saking dekatnya hubungan Apple dan Google, Eric pernah bercanda bahwa seharusnya kedua perusahaan bersatu dan diberi saja nama AppleGoo.

“Steve Jobs, selamat dariku untukmu. Produk ini akan menjadi hot,” ucap Eric.

Namun semua berubah ketika Google meluncurkan Android, yang diumumkan pertama kali pada akhir tahun 2007. Sekitar setahun kemudian, lahirlah ponsel pertama Android yang bernama HTC Dream.

Di sinilah Steve Jobs benar-benar marah. Maka, Apple banyak melancarkan gugatan hukum, misalnya pada fitur multitouch di Android yang dinilai tiruan iOS.

“Kita tidak memasuki bisnis pencarian. Mereka malah memasuki bisnis ponsel. Jangan salah, Google ingin membunuh iPhone. Kita tidak akan membiarkan mereka,” kata Steve pada para karyawan Apple.

Steve pun pernah menemui Eric di sebuah kafe di mana mereka makan bersama. Steve mengatakan ia tidak ingin apapun dari Google selain berhenti meniru iOS.