JAKARTA – Ada desas-desus Presiden Joko Widodo akan mengubah menteri atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju hari ini, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga : Putin Dikabarkan Sakit, Menlu Rusia Tegas Bantah Rumor Tersebut

Setidaknya ada dua menteri yang akan dirombak Jokowi.

Banyak pejabat pemerintah telah mengemukakan sinyal perubahan ini. Salah satunya dari Sekretaris Kabinet, Pramono Anung yang mengatakan pemerintahan Jokowi kini berusia delapan tahun.  Menurutnya, Jokowi tahu apa yang paling dibutuhkan pemerintah.

“Yang jelas Presiden kan beliau sudah delapan tahun di pemerintahan ini. Beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini,” katanya, Selasa (14/6/2022).

Ketua DPR RI, Puan Maharani juga mengaku hanya mendengar soal reshuffle pemberitaan di media. Namun, Puan mengatakan perombakan menteri di Kabinet Indonesia Maju adalah hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Itu merupakan hak prerogatif presiden untuk bisa memilih mengganti menunjuk orang-orang yang kemudian bisa membantu beliau dalam menjalankan tugas kenegaraan dan tugas pemerintahan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul tidak mempermasalahkan apakah Jokowi akan mengumumkan daftar menteri barunya hari ini.

Baginya, hari ini bertepatan dengan Rabu Pahing berdasarkan penanggalan Jawa.  Meski tidak biasa menurut perubahan sebelumnya, dia mengatakan Rabu Pahing masih merupakan hari yang baik.

“Kalau Rabu Pahing ya masuk. Besok Rabu Pahing ya masuk, reshuffle bisa. Itu hari baik,” katanya, dilansir cnnindonesia.com.

Isu reshuffle kembali mencuat saat Jokowi memanggil beberapa elite politik datang ke Istana kemarin. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa sore. Sofyan tidak banyak bicara selama kunjungannya ke Istana. Mantan Panglima TNI Marsekal, (Purn) Hadi Tjahjanto juga dipanggil menghadap Jokowi.

Selain itu, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi terlihat datang ke istana.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan juga bertemu dengan Presiden Joko Widodo di istana. Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto membenarkan bahwa Zulkifli telah bertemu Jokowi di istana.