MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 Nunukan melakukan penerapan sistem go-live, di mana pembelian tiket kapal sudah bisa dilakukan melalui aplikasi khusus easybook, yang bisa diunduh baik lewat AppStore (IoS) dan Google Playstore (Android), terhitung mulai hari ini, Jumat (1/7/2022).

General Manager Pelindo Regional 4 Nunukan, Nasib Sihombing mengatakan, sehari sebelumnya atau pada Kamis (30 Juni 2022) pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada stakeholder, terutama pelaku usaha jasa transportasi laut.

“Sebelum menerapkan sistem go-live ini, kami telah mengumpulkan semua pengusaha jasa transportasi laut di Ruang Rapat Ambalat Kantor Pelindo Regional 4 Nunukan kemarin (Kamis), guna menyampaikan rencana penerapan pembelian tiket berbasis digital, atau tidak lagi tunai seperti yang sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, mulai hari ini (Jumat), pembelian tiket sudah bisa dilakukan melalui aplikasi khusus easybook, yang dapat diunduh baik lewat AppStore (IoS) dan Google Playstore (Android).

“Jadi tak perlu ribet membawa uang tunai, cukup melalui gadget pembelian tiket bisa dilakukan. Pembayarannya pun menggunakan sistem nontunai,” imbuhnya.

Selain memberikan kemudahan lanjut Nasib, pendataan penumpang tak lagi ribet. Nyaman dan aman, baik untuk penyedia jasa ataupun masyarakat pengguna jasa.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi. Selain itu tetap ada petugas yang nantinya diarahkan untuk memberi edukasi jika ada yang bingung dengan sistem baru ini di Pelabuhan Nunukan,” katanya.

Pihaknya berharap seluruh pengusaha serta penumpang bisa taat atas aturan baru ini.

Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Nunukan, Firdaus mengapresiasi langkah Pelindo dan berharap sistem ini disiapkan dengan baik, sehingga penumpang akan lebih nyaman dan aman.

Direktur PT Mutiara Sakti, Darwin juga mendukung penuh penerapan go-live di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan.