SULSEL – Langkah strategis untuk mensukseskan Program Sulsel Mandiri Benih terus dilakukan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan (Dinas TPH BUN) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di Bulan April lalu Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mencanangkan Program Sulsel Mandiri Benih di Centre Point of Indonesia (CPI) Makassar (22/04/2022), hal ini dibuktikan dengan melakukan kegiatan Monitoring Dan Evaluasi pada lahan pertanaman Kedelai di Kabupaten Pangkep.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas TPH Bun Sulsel Basman bersama tim langsung menuju ke lokasi pertanaman Kedelai didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Dinas Pertanian Pangkep untuk melakukan pemantauan dan pengamatan secara langsung terhadap pertumbuhan pertanaman Kedelai tersebut.

“Pertanaman tersebut nantinya akan dijadikan sebagai benih Kedelai, tetapi sebelum ditetapkan sebagai benih, Kedelai tersebut harus melewati beberapa proses, tidak serta merta setelah panen langsung kita jadikan benih” ungkap Basman. “Kedelai tersebut nantinya harus melewati proses sertifikasi oleh lembaga penjamin mutu benih dalam hal ini Balai Sertifikasi Mutu Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura,” ungkapnya.

Lanjutnya, proses pengambilan contoh benih dilakukan oleh Pengawas Benih Tanaman (PBT) yang selanjutnya akan melalui proses uji laboratorium. Ia juga menjelaskan mengapa harus melalui tes lab tersebut.

“Proses Pengambilan contoh benih dilakukan oleh Pengawas Benih Tanaman (PBT) kemudian selanjutnya akan melalui proses uji laboratorium, Kenapa harus uji laboratorium?, dalam uji laboratorium, calon benih tersebut di uji daya berkecambah nya, daya tumbuh, kadar air dan lain sebagainya untuk mengetahui mutu dari calon benih tersebut, dan setelah calon benih tersebut melalui proses uji laboratorium dan dinyatakan lulus maka proses selanjutnya adalah pemberian atau pemasangan label benih dalam hal ini kembali dilakukan oleh Pengawas Benih Tanaman yang merupakan aparat dari Balai Sertifikasi Mutu Benih, barulah yang tadinya calon benih resmi menjadi benih,” lanjutnya.