JENEPONTO — Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Jeneponto, menggelar Pelatihan Jurnalisme Dakwah, yang digelar di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jeneponto, Sabtu 30 Juli 2022.

Dalam kesempatan tersebut hadir Plt Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Jeneponto Mustaufiq, Direktur Pusdiklat JOIN Nasional Zulkarnain Hamson, Sekretaris DPW JOIN Sulsel Sudarman Joni, Ketua DPD BKPRMI Jeneponto Salihuddin, Ketua DPD JOIN Jeneponto Arifuddin Lau dan sejumlah pengurus teras BKPRMI dan JOIN Jeneponto.

Sementara peserta terdiri dari utusan BKPRMI dari Kecamatan Se-Kabupaten Jeneponto dari Pengurus DPD JOIN Jeneponto, ungkap Ketua Panitia Pelaksana Ibrahim dalam laporannya.

Ibrahim juga melaporkan bahwa kegiatan Pelatihan Jurnalisme Dakwah tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari yakni Sabtu dan Minggu, tanggal 30 dan 31 Juli 2022. Dimana di hari pertama akan disuguhkan materi teori Jurnalisme Dakwah dan hari kedua adalah aplikasi praktek penulisan berita, sebut Ibrahim.

Ketua DPD JOIN Jeneponto, Arifuddin Lau menjelaskan bahwa dari sekian banyak pelatihan jurnalistik yang pernah diikuti, baru pertama kali hadir dalam pelaksanaan pelatihan jurnalis dakwah kaloborasi BKPMRI dan JOIN Jeneponto.

Dia menyebut, bahwa tema yang diambil dalam pelatihan jurnalistik kali ini adalah “Membangun Jurnalistik Kreatif dengan Sinergi Dakwah Media Ukhuawah”.

“Ini yang pertama kali dilaksanakan di Jeneponto, melaksanakan pelatihan jurnalis dakwah kerja sama BKPRMI dan JOIN Jeneponto. Semoga kedepan bisa melahirkan jurnalis handal dan profesional,” ujarnya.

Arifuddin yang juga mantan anggota legislatif tersebut berharap mudah-mudahan pelatihan jurnalistik yang akan dilaksanakan selama 2 hari ini agar dapat dimaksimalkan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Bagi yang lulus dalam pelatihan Jurnalis akan memperoleh sertifikat berskala nasional.