JAKARTA – Polisi menangkap pengemudi mobil bernomor polisi ‘RFH’ dan menabrak PJR Ditlantas Polda Metro Jaya di Tol Pancoran.  Belakangan diketahui, pelat ‘RFH’ yang digunakan pelaku adalah pelat palsu.

Baca Juga : Apresiasi Nasabah, Bank Sampoerna Gelar Undian Sampoerna Mobile Saving di Makassar

Plh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto mengatakan plat tersebut tidak dikeluarkan secara sah.

“Pelat yang terpasang RFH merupakan pelat palsu, tidak dikeluarkan secara sah,” katanya, Sabtu (6/8/2022), dilansir detik.com.

Edy mengatakan para pelaku mendapatkan plat nomor mereka dengan membelinya secara online. Dia tidak merinci mengapa pelaku menggunakan pelat tersebut.

“Yang bersangkutan, sesuai keterangannya, mendapatkan (pelat RFH) beli secara online,” katanya.

Sebelumnya, anggota PJR Polres Ditlantas Polda Metro Jaya ditabrak pengendara mobil berplat RFH, di Tol Pancoran, Jakarta Selatan. Korban ditabrak saat bekerja di lokasi.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Sutikno mengatakan penyebab mobil tersebut menabrak anggotanya.

“Memang tadi anggota saya sedang patroli rutin. Seketika menemukan mobil yang menggunakan pelat rahasia, terus berhentikan, mobil tersebut kabur,” katanya, Jumat (5/8/2022).

Sutikno mengatakan, peristiwa itu terjadi pada pukul 14.00 WIB. Saat itu, anggotanya mencoba menegur mobil yang melanggar.  Namun pengemudi mobil berplat nomor RFH itu tidak kooperatif. Tersangka berusaha kabur dan menabrak petugas yang berjaga.

“Ya kalau mobil pelat rahasia itu kan tidak boleh pakai strobo. Yang boleh menggunakan itu adalah mobil dinas Polri-TNI, itu boleh. Kalau mobil RHS itu tidak boleh strobo,” jelasnya.

Sutikno mengatakan pihaknya mengejar pelaku. Dia mengatakan pengemudi mobil berplat RFH ditangkap di Bintara, Bekasi.

“Dilakukan pengejaran, tertangkap di Bintara. Sekarang diserahkan ke Gakkum kalau lebih jelas. Saya juga belum tahu siapa nama pengemudinya. Yang jelas ke Gakkum, lebih jelas,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa anggota yang tertabrak masih menjalani perawatan dengan luka di bagian kaki.

“Dia tadi sakit di bagian kaki dan dada karena ditabrak pengendara. Tadi bawa ke klinik,” katanya, dilansir news.detik.com.